Dalam dunia bisnis, tentunya hal yang penting agar prosedur kerja menjadi lebih efektif adalah adanya teamwork atau kerjasama yang baik. Bahkan, karena pentingnya teamwork dalam dunia bisnis tidak jarang jika teamwork tidak solid menyebabkan pincangnya bisnis, atau bahkan menyebabkan bisnis kian terpuruk dan bangkrut.

Mengingat teamwork merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam bisnis. Maka dengan menciptakan teamwork yang baik merupakan hal yang wajib untuk dipenuhi. Lalu bagaimana cara menciptakan teamwork yang baik ? Berikut ini adalah tipsnya.

Tips Menciptakan Teamwork yang Baik

 Sapa dan Senyuman
Serumit atau sekacau apapun kondisi yang sedang terjadi, sebaiknya anda harus bisa mengontrol emosi. Jangan terlihat tegang atau panik dengan keadaan, karena hal tersebut akan membuat orang lain ikut panik. Oleh sebab itu, tetaplah tersenyum dan menyapa rekan bisnis agar memberikan efek atau aura positif dengan mereka.

Perbaiki Diri Sendiri
Sebelum anda memberi nasehat kepada orang lain, sebaiknya anda lah yang harus memperbaiki diri untuk mendapatkan kepercayaan dari rekan-rekan. Belajar Bukan hanya sekedar bekerja saja, ada banyak hal yang bisa anda pelajari guna menambah ilmu pengetahuan dalam bisnis yang anda geluti.

Belajar
pun bukan hanya bersumber pada teori atau tulisan-tulisan penulis terkenal. Orang bijak pernah berkata “Pengalaman adalah guru yang paling berharga”.

Inisiatif
 Dalam dunia bisnis sebaiknya menghindari sifat ego yang ada pada diri anda. Terutama jika bisnis yang sedang anda sedang terombang-ambing. Inisiatif mesti ditanamkan kepada semua orang yang ingin sukses dalam bidang yang digelutinya. Hindarilah menuduh orang lain karena tidak akan pernah memecahkan masalah. Berpikir secara jernih dan berinisiatif mencari solusi.

Percaya Kepada Tim
Lain Kepercayaan merupakan salah satu hal yang penting dalam teamwork. Jika terdapat beberapa team yang berbeda, sebaiknya anda juga harus percaya terhadap team lain agar dapat berkolaborasi dengan baik. Komunikasi dan sikap merupakan cara efektif untuk menciptakan kepercayaan.

Terima Kritikan
Anda mungkin terkadang kesal jika anda mendapatkan kritikan yang kurang enak, padahal anda sudah berusaha dengan maksimal. Kondisi inilah yang sangat cocok untuk melatih mental anda. Catat kritik yang disampaikan oleh orang lain dalam pikiran, kemudian cobalah untuk menjadi lebih baik lagi.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts