Saturday, April 25, 2015

Mencari Peluang Usaha Budidaya Sapi

Beternak sapi jadi salah satu type kesempatan usaha usaha yang menjanjikan untuk dikelola. Kesempatan usaha budidaya sapi yang dikerjakan beberapa pelaku bisnis Indonesia biasanya yaitu ternak membesarkan anak sapi jadi sapi dewasa. Dari belum produktif jadi lebih membuahkan produksi daging yang tambah lebih besar. Sempatkah terbayang oleh Anda? Bahwa kesempatan usaha budidaya sapi ini masih tetap belum banyak dilirik oleh pelaku usaha. Seperti kita kenali berbarengan, bahwa mengkonsumsi daging sapi di Indonesia sehari-harinya sangatlah besar. Karena sangat besarnya, bahkan juga supply daging sapi dari dalam negeri saja masih tetap kurang untuk penuhi keperluan orang-orang, hingga pemerintah mengharuskan import daging sapi dari luar negeri. Saat sebelum Anda mengawali usaha usaha sapi, sebaiknya Anda tahu sebagian type sapi yang biasanya ada di Indonesia.

Sebagian type sapi itu yaitu seperti berikut :

Sapi Bali : Ciri sapi bali berwarna merah dengan warna putih pada kaki dari lutut sampai ke bawah serta pada pantat, punggungnya bergaris warna hitam (garis belut). Kelebihan sapi bali dapat menyesuaikan dengan baik pada lingkungan yang baru.
Sapi Ongole : Ciri sapi ongole berwarna putih dengan warna hitam di bagian-bagian badan, bergelambir serta berpunuk, dengan daya adaptasinya baik. Type sapi ongole telah disilangkan dengan sapi Madura, keturunannya di namakan Peranakan Ongole (PO) ciri Peranakan Ongole (PO) sama juga dengan sapi Ongole tetapi kekuatan produksinya lebih rendah.
Sapi Brahman : Sapi brahman mempunyai ciri berwarna coklat hingga coklat tua, dengan warna putih di bagian kepala. Daya pertumbuhannya cepat sampai jadi primadona sapi potong di Indonesia.
Sapi Madura : Sapi madura mempunyai ciri berpunuk, berwarna kuning hingga merah bata, kerap ada warna putih di moncong, ekor serta kaki bawah. Type sapi ini mempunyai daya bertambahnya berat tubuh rendah.
Sapi Limousin : Sapi limousin mempunyai ciri berwarna hitam beragam dengan warna merah bata serta putih, ada warna putih di moncong kepala, badan memiliki ukuran besar serta mempunyai tingkat produksi yang baik.

Untuk mengawali usaha usaha sapi, di bawah ini sebagian bagian yang butuh di perhatikan :

1. Penentuan dari sapi bakalan yang bakal di besarkan untuk jadi sapi dewasa. Sebagian cirri dari sapi bakalan yang baik yaitu berusia diatas 2, 5 th., type kelamin jantan, bentuk badan panjang, bulat serta lebar, panjang minimum 170 cm tinggi pundak minimum 135 cm, lingkar dada 133 cm, badan kurus, tulang menonjol, namun terus sehat (kurus lantaran kurang pakan, bukanlah lantaran sakit), pandangan mata bercahaya cerah serta bulu halus, kotoran normal.

2. Pemeliharaan sapi, mencakup banyak hal salah satunya yaitu penyediaan pakan serta kandang, ingindalian penyakit. Mengelola usaha sapi memanglah mesti sedikit telaten, tetapi jika Anda serius dengan usaha usaha ini bukanlah tidak mungkin Anda bakal jadi seseorang jutawan.

Di bawah ini sebagian panduan serta langkah yang dapat di perhatikan oleh beberapa pengelola usaha usaha sapi supaya berhasil serta berkembang :

1. Usaha sapi lokal kerapkali terganggu dengan kebijakan sapi impor. Salah satu langkah pelaku bisnis sapi lokal untuk dapat menjaga konsumennya yaitu dengan langkah menuturkan pada customer tentang kelebihan kwalitas dari sapi lokal yang tambah lebih baik dibanding sapi impor. Walau harga nya memanglah tambah lebih mahal, namun masalah kwalitas tentu masih tetap tambah lebih baik.

2. Beberapa pelaku bisnis ternak sapi baiknya mempunyai tempat pakan sendiri. Terutama bila usaha usaha sapinya jumlahnya besar.

Bikin ladang rumput sendiri dengan cara spesial. Beberapa orang jadi banyak yang membiarkan sapi mereka tidur serta mencari makan sendiri di ruang tempat semak yang banyak rumputnya serta dapat jadikan juga sebagai makanan sapi. Banyak yang berhasil tanpa ada kesusahan lihat sapi-sapinya tumbuh sehat. Tetapi ada pula yang lalu kehilangan sapi lantaran diletak di sembarang tempat.

3. Terkecuali beternak sapi, Anda dapat juga memvariasikan usaha usaha sapi Anda dengan usaha usaha potong sapi. Usaha potong sapi umumnya cukup laku waktu musim hari-hari besar seperti lebaran, natal, th. baru dsb. Orang mau memperoleh sajian yang istimewa dengan pilih menu hidangan dari masakan daging sapi.

4. Dapatkan customer terus untuk usaha Anda itu, salah satunya dapat rumah makan, hotel, beberapa orang yang akan hajatan dsb. Sapi jadi menu paling utama dalam suatu acara istimewa seperti pernikahan serta sejenisnya, oleh karenanya kesempatan usaha ini sesungguhnya sangatlah terbuka luas bila Anda dapat temukan pasar yang pas.

5. Apabila sangat mungkin Anda dapat mencari customer dari luar daerah atau bahkan juga luar negeri. Sapi juga dapat Anda jual dengan memakai toko on-line. Seluruhnya itu terserah pada kreatif pelaku bisnis semasing.

Nah, bersiaplah untuk mengawali usaha usaha ternak yang menjanjikan ini. Sapi yaitu hewan yang dipakai untuk mengkonsumsi, keperluan orang bakal ada terus-terusan pada daging sapi, kita butuh tahu bagaimana caranya yang ampuh untuk dapat berhasil dalam usaha usaha yang satu ini.