Wednesday, October 28, 2015

Berbagai Macam Test dan Tips Diterima di Lowongan Bank

Ketika Anda masuk atau berkeinginan untuk mengisi lowongan bank, Anda harus siap jika di tantang berbagai macam test. Masuk ke dalam dunia perbankan memang tidak semudah seperti kelihatannya. Selain latar belakang pendidikan yang lebih sesuai, Anda juga di tuntut untuk mempunyai kemampuan yang lebih tinggi di banding dengan bidang lainnya. Bekerja di dalam dunia perbankan bisa menjadi susah-susah senang. Susah, mungkin karena Anda di tugaskan untuk melihat banyak uang yang bukan menjadi milik Anda. Senang, karena ada banyak sekali tunjangan yang di nikmati di tiap tahun.

Untuk bisa masuk ke dalam dunia perbankan, Anda harus mengikuti serangkaian test. Test yang pertama ialah TPA, tes ini ialah Tes Potensi Akademik. Test ini dilakukan oleh bank agar mereka mengetahui sejauh mana calon karyawannya menguasai dunia matematika entah secara logika atau pun secara verbal. Materi matematika ini seperti menguasai deret ukur untuk mengetahui tingginya ketajaman atau analisa dari seorang pegawai. Ada pula test soal cerita agar bisa mengetahui kemampuan pemahaman secara analitik sebuah permasalahan dan menjumlahkan urutan angka dengan cara menurun. Solusi untuk bisa lolos di tahap test ini ialah banyak berlatih buku TPA yang banyak di jual di toko.
Berbagai Macam Test dan Tips Diterima di Lowongan Bank
 Ada juga test TOEFL. Test yang satu ini digunakan untuk mengetahui kemampuan berbicara atau berbahasa Inggris calon pegawai. Biasanya test ini dibagi menjadi beberapa bagian. Ada test reading, listening, hingga structure. Agar bisa lolos di test ini, Anda harus memiliki total skor 500. Agar bisa lolos di test ini, Anda bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda dengan mengikuti TOEFL di lembaga-lembaga. Anda juga bisa membeli berbagai macam buku TOEFL, disana berisi berbagai macam latihan untuk test ini sehingga lebih memudahkan Anda.

Ada TOEFL, ada juga tes diskusi. Test ini digunakan oleh bank agar mereka dapat mengetahui sejauh mena kemampuan yang dimiliki oleh calon pegawai mereka di dalam hal kecepatan untuk memahami masalah, teamwork dan kepemimpinan. Calon pegawai nantinya di kelompokkan menjadi 4 hingga 8 orang. Mereka akan di uji untuk menyelesaikan permasalahan sebuah masalah. Anda tidak perlu untuk mendominasi atau memenangkan debat, Anda harus memberikan sebuah kontribusi yang dirasa positif ketika diskusi berjalan, seperti memberikan argumen yang lebih menarik.

Selain itu test kesehatan juga tidak terlewatkan, test yang satu ini digunakan agar bisa mengetahui tingkat kebugaran si calon pegawai terhadap berbagai macam penyakit atau pun narkoba. Test ini nantinya akan terdiri dari test tekanan darah, test darah, test urin hingga test buta warna. Semua bank akan menggunakan test ini, sebagai tips Anda harus menyiapkan fisik yang prima antara seminggu sebelum Anda di panggil untuk mengikuti test. Jika Anda adalah seorang perokok, akan lebih baik bila Anda menguranginya sementara waktu.

Test terakhir ialah test psikologi. Lowongan bank Indonesia pun juga menggunakan test ini untuk menyeleksi calon pegawainya. Hal ini berguna untuk mengetahui kepribadian dari calon pegawai. Untuk test ini tidak ada benar atau salahnya yang ada ialah kesesuaian diri Anda untuk bisa masuk ke dalam posisi yang diperlukan. Di test ini hasilnya memang terkadang sangat mencengangkan, orang yang mempunyai kepribadian begitu tinggi kreatifitas tinggi kalah dengan orang yang memiliki kepribadian biasa, simpel, jujur, namun luwes. Jadi, siapkan diri Anda.

No comments:

Post a Comment