Ikan merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung protein. Ikan bisa diolah menjadi berbagai menu masakan Indonesia. Ikan laut maupun ikan air tawar lezat sekali bila diolah menjadi masakan yang dimakan sehari-hari. Ada yang mengolahnya dengan cara digoreng, dibakar, dipepes atau dikukus, dan cara yang lainnya. Salah satu menu masakan Indonesia yang menggunakan bahan ikan yaitu Ikan Pesmol. Menu masakan ini berasal dari Jawa Barat.

Masakan ini kaya akan bahan-bahan bumbu yang pastinya menambah rasa lezat ikan segar yang digunakan. Untuk bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat menu masakan dari ikan ini yaitu ikan mas, anda juga bisa menggunakan jenis ikan yang lain. Selanjutnya anda siapkan air jeruk nips, kemudian garam secukupnya, cabai rawit hijau, tomat, tomat tersebut dipotong-potong sesuai dengan keinginan anda, daun jeruk yang dirobek-robek, batang serai yang diambil yaitu bagian dalam batangnya yang berwarna putih, daun salam, gula pasir secukupnya, air secukupnya da minyak goreng secukupnya.

Selanjutnya untuk bahan yang dihaluskan yaitu anda siapkan bawang merah, bawang putih, kemiri yang disangrai terlebih dahulu, kunyit yang telah dibakar serta jahe. Untuk cara pembuatannya yaitu pertama-tama anda bersihkan kotoran dari ikan dan insangnya, selanjutnya anda rendam ikan mas yang sudah dibersihkan dengan menggunakan air jeruk nipis serta garam, hal ini bisa membantu mengurangi bau amis pada ikan mas.

Diamkan ikan tersebut beberapa saat. Selanjutnya anda bisa menggoreng ikan mas menggunakan minyak kelapa dalam kumlah yang banyak, goreng sampai ikan mas matang dan berwarna coklat keemasan. Setelah itu angkat dan tiriskan. Setelah itu bumbu yang tadi di uleg sampai halus setelah itu anda tumis bumbu tersebut dan masukkan juga daun jeruk, daun salam dan barang serai.

Tumis sampai layu dan tercium harumnya. Setelah itu anda masukkan tomat dan cabai rawit. Setelah matang masukkan ikan mas yang sudah digoreng tadi, tambahkan garam dan gula dan langkah yang terakhir yaitu anda tambahkan air secukupnya. Biarkan sampai air menyusut dan bumbu meresap ke ikan mas.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts