Pemanfaatan IT pada Dunia Pendidikan
Perkembangan dunia pendidikan saat ini tentu mengikuti kebutuhan dan perkembangan zaman. Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan secara sadar dan terencana dalam membangun dan membina karakter peserta didik. Dalam perkembangan pendidikan, diperlukan seperangkat peralatan yang membantu terwujudnya pendidikan yang diharapkan tersebut. 

Salah satu perlengkapan yang tidak bisa lepas dari dunia pendidikan adalah peralatan yang berhubungan dengan teknologi dan komunikasi yang didukung dengan piranti komputer. Laju perkembangan teknologi tentu tidak bisa terpisahkan dari dunia pendidikan sekarang dalam kegiatan pembelajaran sampai ke sudut-sudut ruangan di sekolah tidak luput dari penerapan teknologi. 

Selain itu, perkembangan teknologi dalam bidang pendidikan juga terus berkembang secara nasional seiring tuntutan zaman. Hal tersebut misalnya tercermin dari program UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer untuk siswa tingkat SMP sederajat dan SMA sederajat. Selain itu dalam bidang pendidikan teknologi juga diterapkan dalam kegiatan penerimaan siswa atau mahasiswa baru dengan program PPDB online, berbasis internet yang dapat diakses secara luas oleh masyarakat umum dengan menggunakan gadget/smart phone atu peralatan lain. 

Pendidikan dan teknologi merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, bagaikan dua sisi mata uang. Keduanya merupakan suatu hal yang tidak terpisahkan, antara satu sama lain saling mendukung, pendidikan merupakan sarana informasi yang menggali menerapkan dan menciptakan teknologi baru dan terbarukan. Sementara teknologi juga berkembang melalui penelitian di lembaga pendidikan baik formal maupun internal. 

Teknologi banyak diciptakan dari kampus atau bahkan sekolah yang konsisten mengembangkan pola pengajaran untuk memajukan pendidikan tersebut. Seiring waktu, penciptaan teknologi pun terus dipacu untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Banyak teknologi lain yang dapat dimanfaatkan selain piranti komputer. 

Berikut adalah contoh pemanfaatan teknologi untuk dunia pendidikan. Pembelajaran elektronik, pembelajaran berbasis online, dan penggunaan CCTV untuk melakukan pemantauan baik peserta didik dan lingkungan. Bahkan di sekolah lain yang sudah lebih mapan, hasil tangkapan CCTV tersebut dapat langsung diakses oleh orang tua atau masyarakat di rumah. Contoh-contoh ini baru sebagian kecil contoh teknologi yang memanfaatkan piranti komputer.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

1 comment: