Monday, February 20, 2017

Kuliah Design Dan Perkembangan Iklan Di Indonesia


Perkembangan periklanan  di Indonesia berkembang cukup pesat, para talenta di baliknya memberikan warna yang membentuk dunia pariwara semakin pesat. Perkembanganya tidak hanya dalam media cetak saja namun yang cukup berpengaruh dalam media televisi yang mampu menyihir penonton atau target market untuk melihat iklan dan menjadi sasaran sebagai konsumen. Sebelumnya dunia periklanan mendominasi di media cetak seperti koran majalah, kemudian merajai jalanan dengan baligho dan spanduk atau banner serta di media radio, periode selanjutnya kemunculan televisi di Indonesia membuat semacam revolusi periklanan khususnya televisi swasta.  Saat ini dunia periklanan atau advertaising semakin pesat dalam era serba net serba internet serba sosial media. Semakin pesatnya kebutuhan memasarkan produk dengan berbagai media ini berhubungan dengan kebutuhan akan para profesional di baliknya, pendidikan atau sekolah semisal kuliah design akan mendukung para telenta baru bermunculan dan semakin mengembangkan dunia periklanan tanah air.

Merunut pada akar sejarahnya iklan pertama di Indonesia ada saat surat kabar pertama di Indonesia  yakni Bataviasche Nouvelle, yang terbit tahun 1744. Kini berabad kemudian advertising atau periklanan menjadi wahana yang tepat untuk menarik, membujuk siapapun yang membaca, mendengarkan atau menonton iklan dari berbagai media perantaranya. Secara definisi Iklan merupakan pemberitahuan mengenai barang dan jasa dengan tujuan untuk membujuk khayalak agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Agar iklan menarik bahkan selalu terngiang-ngiang di benak target market harus di design sedemikian rupa dengan tampilan menarik yang akan membuat para konsumen pada akhirnya membeli, barang dan jasa dari perusahaan tersebut. Demi kreativitas yang terasah, terus berkembang sesuai dengan kemajuan maka perlu adanya sebuah pendidikan atau sekolah yang akan menggembleng para kretor muda ini salah satunya kuliah design.

Kuliah design harus selaras dengan industri kreatif yang sedang berkembang maka IDS (international design school)memberikan ruang bagi para kreatif muda untuk belajar dan mengembangkan talenta. Tidak hanya terbatas belajar di Indonesia IDS menawarkan program bachelor degree bekerja sama dengan 2 universitas terbaik di Australia untuk bidang desain, animasi, dan film, yaitu Griffith University dan JMC Academy. Informasi lebih lengkap kunjungi situs www.idseducation.com.

No comments:

Post a Comment