Perbedaan Antara Asuransi Syariah dengan Asuransi Konvensional
Kebanyakan orang lebih memilih asuransi konvensional daripada asuransi syariah. Namun lambat laun mereka memilih asuransi syariah karena mereka lebih menyadari bahwa menjalani hidup sesuai syariah islam lebih menguntungkan dan lebih berkah. Hampir semua hal dalam kehidupan bisa di asuransikan, mulai dari rumah, mobil, jiwa, bisnis dan lain sebagainya. Salah satunya ada Chubb Syariah yang merupakan perusahaan asuransi yang berbasis syariah, salah satu produknya asuransi syariah bisnis

Berikut ada beberapa perbedaan antara asuransi konvensional dan asuransi syariah, diantaranya:

Perbedaan Antara Asuransi Syariah dengan Asuransi Konvensional

1. Perbedaan yang pertama antara konvensionla dan syariah adalah bahwa asuransi syariah ditetapkan berdasarkan kajian ekonomi islam sehingga asuransi syariah sangat berpegang teguh pada peraturan syariat islam. 

2. Perbedaan yang kedua bisa dilihat dari cara berinvestasi yang digunakan. Asuransi syariah menggunakan investasi berdasarkan mudharobah atau yang kita kenal dengan bagi hasil tanpa adanya riba. Sedangkan asuransi konvensional menggunakan bunga dalam perhitungan investasinya.

3. Perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari cara membuat kesepakatan. Asuransi syariah menggunakan akad tabbaru atau hibah. Sedangkan asuransi konvensional menggunakan akad yang didasarkan pada aturan yang mirip dengan jual beli. 

4. Setiap perusahaan asuransi pastinya memiliki peraturannya masing-masing. Untuk asuransi syariah memiliki peraturan hak kepemilikan dana merupakan hal peseta dan perusahaan hanya sebagai pengelolanya saja. Sedangkan konvensional, perusahaan memiliki hak untuk memiliki dana yang terkumpul dari nasabah. 

5. Dalam hal pembagian keuntungan, asuransi syariah membagikan keuntungan antara perusahaan dan peserta asuransi secara adil dengan prinsip bagi hasil. Sementara asuransi konvensional dengan membagikan keuntungan sesuai dengan kesepakatan yang telah ditentukan. Bahkan bisa jadi perusahaan yang mendapat keuntungan secara menyeluruh. 

Itulah beberapa perbedaan antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional yang perlu anda ketahui. Dengan begitu bisa meyakinkan and auntuk lebih memilih asuransi syariah karena lebih menguntungkan. Salah satunya ada Chubb Syariah yang akan memberikan jaminan dan perlindungan kepada anda sesuai dengan ajaran agama islam, salah satu produknya ada asuransi syariah bisnis yang dapat melindungi anda dari berbagai resiko dalam menjalankan bisnis.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments