Kesehatan Bayi dan Balita Untuk Mengatasi Sariawan

Sariawan bisa terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali pada anak-anak atau balita. Sariawan memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari terutama pada saat makan, mulut terasa perih dan tidak nyaman. Begitu juga pada anak-anak yang sering rewel ketika ada masalah kesehatan, sariawan dapat dialami oleh siapa saja dan sariawan akibat dari peradangan pada rongga mulut, bisa terjadi pada bagian bibir, lidah, gusi, pipi gabian dalam, langit-langit bagian atas atau bagian bawah, dan juga kerongkongan. 

Mungkin kelihatannya spele, tapi kalau dibiarkan maka akan terasa tidak nyaman, sehingga makan dan minum pun terganggu. Ketika makan dan minuman yang masuk terkena bagian yang sariawan, maka terasa perih dan panas. Kesehatan Bayi dan Balita harus dijaga dengan baik terutama masalah kesehatannya. Ada beberapa jenis atau penyebab terjadinya sariawan, yaitu pada bagian tenggorokan disebabkan oleh virus Herpes simplex, karena pada belakang tenggorokan tersebut merupakan tempat bersarangnya virus tersebut. 

Kemudian ada jamur Candida Albicans yang sering dijumpai pada bagian idah, penyebab sariawan jenis ini dikarenakan saat daya tahan tubuh si anak menurun, atau anak mengonsumsi obat antibiotik, jamur ini akan mudah tumbuh dan akan melebihi batas normal. Selanjutnya adalah Stomatitis Apthosa yang merupakan sariawan yang ditimbulkan karena trauma, seperti tergores pada saat menyikat gigi, tergigit tanpa disengaja, atau adanya luka dalam mulut dan mengakibatkan kuman masuk membuat luka terinfeksi. 

Jika si kecil terkena sariawan, tentu bunda akan merasa khawatir kalau anaknya tidak mau makan dan bermasalah dengan kesehatannya. Untuk menangani sariawan pada si kecil, Bunda harus selalu menjada kebersihan mulut dan gigi anak dengan rutin menggosok gigi, memberikan buah dan sayur kayaakan vitamin C dan makanan sehat bergizi, menyuapi anak ketika sedang sariawan secara perlahan. Kalau sariawan si kecil masih saja belum sembuh, segera berkonsultasi kepada dokter untuk ditangani lebih lanjut. Menjaga Kesehatan Bayi dan Balita pada saat sakit terutama sariawan harus diperhatikan dengan baik agar kesehatannya tidak terganggu.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments