kuliah jurusan broadcasting
kuliah jurusan broadcasting

Kamu yang tertarik dengan broadcasting pasti sedikit banyak sudah mengetahui akan seperti apa kuliah jurusan broadcasting itu. Meski begitu, bagi yang masih bingung apa sebenarnya kuliah broadcasting, dan apa saja yang akan dipelajari, bisa melihat beberapa kampus terkemuka di Indonesia yang memungkinkan kita melihat program belajarnya. Akan ada banyak sekali materi-materi yang berkaitan dengan penyiaran. Masing-masing memiliki konsentrasinya sendiri. Sebut saja seperti digital film dan media production yang ditawarkan oleh IDS.

Umumnya ada beberapa konsentrasi dalam broadcasting, seperti film, jurnalistik, dan public relation. Pelajar atau mahasiswa diberikan kesempatan untuk memilih bidang yang diminati. Seperti yang dilakukan oleh IDS (International Design School), sekolah digital yang berlokasi di Jakarta ini pun menawarkan kuliah jurusan broadcasting yang spesifik, salah satunya adalah film dan media production. Selain itu ada juga digital desain dan digital marketing. Di mana semua akan saling berhubungan nantinya.

kuliah jurusan broadcasting
kuliah jurusan broadcasting
Pada program IDS ini para peserta didik akan diajarkan tentang bagiamana sebuah karya dihasilkan, seperti pada studio production yang akan memberikan gambaran soal sebuah studio bekerja untuk menghasilkan berbagai konten visual dan pendukungnya. Ada juga creative business & entrepreneurship yang akan membantu pelajar memahami sisi bisnisnya dari materi yang dipelajari, mulai dari proses pendanaan, pembuatan, promo, hingga proses launching film atau karya mereka ke publik.

Menariknya, selain fokus mempelajari jurusannya sendiri, nantinya para pelajar IDS akan dipertemukan untuk berkolaborasi lintas jurusan. Di mana mereka yang memilih media production misalnya, bisa melihat bagaimana pelajar digital desain dan digital marketing bekerja. Begitu pun sebaliknya.

Sedikit berbeda dengan model belajar di kuliah jurusan broadcasting pada perguruan tinggi, di IDS pelajar akan dibimbing langsung oleh mentor yang berpengalaman di bidangnya. Proses belajarnya pun tidak lama. Dalam waktu beberapa bulan, para pelajar ditargetkan sudah bisa menguasai materi yang diberikan, serta membuat sebuah karya sebagai hasil dari apa yang sudah dipelajari.

Pelajar pun berkesempatan melanjutkan pendidikan mereka di sekolah-sekolah rekanan IDS. Salah satu keuntungannya adalah mereka bisa belajar di luar negeri dengan biaya yang terjangkau. Sehingga siap untuk masuk ke dunia kerja di bidangnya masing-masing pda industri kreatif.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments