Bagi mereka yang ingin mengoleksi berlian Miss Mondial baik untuk investasi atau dipakai di acara khusus ada baiknya benar benar memperhatikan kualitas dari berlian itu sendiri. Menurut ahli Gemologist, ada beberapa kriteria yang harus dijadikan sebagai patokan dalam mengetahui kualitas dari berlian itu. Adalah 4C yaitu cut, color, clarity dan carat.

Di dalam artikel ini akan dibahas seputar keempat hal diatas.

1. Cut atau Asahan

Asahan atau cut merupakan teknik atau seni yang digunakan untuk membentuk berlian sesuai dengan yang diinginkan. Semakin berkilau berlian yang dihasilkan, maka proses pembuatannya bisa dibilang cukup rumit. Bahkan, kualitas pahatan juga bisa dilihat dari proporsi yang dihasilkan misalnya kecerahan, cahaya putih yang keluar baik internal maupun eksternal hingga scintillation atau kilat. Pada umumnya, berlian miss mondial atau di toko perhiasan lainnya benar benar menampilkan koleksi yang berbeda dan asli.


Berbicara soal cut memang tidak terlepas dari keahlian si pembuat berlian tersebut. Meskipun berlian identik dengan perhiasan mahal, namun jika teknik pengolahannya kurang baik maka berpengaruh pada nilai jual. Sebut saja shadow cut dan deep cut yang membuat berlian terlihat gelap. Kalau sudah dalam kondisi seperti ini maka bersiaplah harga berlian tidak semahal dengan excellent cut dimana cahaya berpendar nyaris sempurna.

2. Color atau Warna

Perlu diketahui, jika semakin jernih dan sedikit warna yang terlihat maka kualitas dari berlian itu cukup tinggi. Saat sekarang ini, berlian yang cukup langka adalah berlian berwarna merah.

3. Clarity atau Kejernihan

Kejernihan berlian akan sangat jelas terlihat jika diamati langsung dibawah cahaya. Namun, tidak sedikit juga yang menggunakan kaca pembesar atau Loop untuk melihat kejernihan secara lebih jelas. Semakin besar kapasitas pembesar yang digunakan maka tingkat kecacatan akan jelas terlihat dimana nilai berlian pun semakin tinggi.

4. Carat

Semua sudah pasti tahu arti dari carat yang menyatakan berat dari berlian. Adapun nilainya adalah 1 carat itu sama dengan 100 points. Di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan gram dimana 1 carat itu kurang lebih sama dengan 0.2 gram. Dan yang pasti, berat carat dari satu berlian menentukan harga atau nilai jual.

Jadi, mau pilih berlian miss mondial atau berlian lainnya?

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments