Belajar fotografi
Bagi Anda yang masih pemula, maka meningkatkan keahlian di bidang fotografi perlu untuk belajar terlebih dahulu. Salah satu tahapan belajar fotografi ini memerlukan beberapa langkah dan konsep yang harus ditata sedemikian rupa. Sehingga Anda pun bisa menjadi salah satu fotografer yang handal serta profesional. Belajar fotografi ini tidaklah cukup hanya dengan mengandalkan kemampuan saja, melainkan juga harus tetap mempelajari terlebih dahulu dari para praktisi yang ahli di bidangnya. Kini telah hadir International Design School (IDS), yang merupakan salah satu sekolah desainer terbaik yang ada di Jakarta. 

Belajar fotografi
IDS kini telah membuka kesempatan bagi Anda di dalam mempelajari ilmu di bidang fotografer. Beberapa tips dan juga teknik fotografi akan diajarkan melalui konsep pembelajaran yang mudah dipahami. Apa saja yang dipelajari seputar dunia fotografi di IDS? Mari kita simak informasinya: 

Pengarahan Untuk Memotret 

Salah satu belajar fotografi akan diajarkan pengarahan untuk memotret. Anda akan diberikan pengarahan bagaimana cara memotret menggunakan mode manual penuh. Dimana, kamera digital Anda secara otomatis akan menentukan exposure dari objek yang Anda potret. 

Menentukan Komposisi Yang Baik 

Kualitas foto yang sempurna dihasilkan dari komposisi pada penempatan objek berbeda dalam satu frame. Salah satu yang diajarkan di idx mengenai komposisi ini adalah rule of third. Artinya, Anda akan belajar Bagaimana teknik dan cara untuk menempatkan objek pada sepertiga bagian bidang saat memotret. 

Belajar Menggunakan Flash Dengan Baik 

Tidak semua orang mempunyai keahlian memotret menggunakan flash dan hasilnya sempurna. Tanpa mengetahui teknik khusus, memotret menggunakan flash bisa jadi hasilnya jelek. Hal ini disebabkan karena saat Anda memotret, flash terlalu dekat dengan subjek. Pada saat Anda memotret dan ingin menggunakan flash, menggunakan Zoom untuk mendapatkan Fleming yang lebih tepat. Itu hanya sebagian yang dipelajari, selebihnya bisa Anda pelajari secara langsung dengan mengikuti kursus fotografi di IDS. 

Mempelajari White Balance 

White balance sendiri adalah salah satu fitur pada kamera untuk mengatur jenis cahaya saat mengambil foto. jika Anda memotret tidak mempunyai keahlian untuk mengatur white Balance, kemungkinan hasil warna pada objek yang dipotret tidak akan sempurna. 

Memilih dan Mengenal Kamera 

Untuk pemula belajar fotografi ini adalah memilih dan mengenal kamera. Pilihlah kamera yang sesuai dengan keuangan Anda cari perlengkapan yang murah dan sederhana, jangan tergiur untuk membeli peralatan dan kamera mahal yang menjanjikan hasil foto yang bagus karena sesungguhnya ada yang lebih penting yaitu mengenali teknik-teknik untuk menghasilkan gambar yang bagus dari kamera sederhana sekalipun. Kenali dan pahami fungsi dari tiap tombol yang ada di kamera Anda. 

Menekan Tombol Shutter 

Tombol Shutter adalah tombol yang ditekan saat Anda memotret sebuah object. Terdapat perbedaan cara untuk menekan tombol shutter pada beberapa kamera seperti kamera poket,kamera hp, dan dslr. 

Mengenal Eksposur dan Segitiga Eksposure 

Eksposur adalah dasar dari fotografi atau bisa dikatakan sebagai pondasi dalam memahami fotografi, dalam kata lain adalah terang dan gelap dari sebuah foto. Pada intinya eksposure menentukan seberapa banyak cahaya yang masuk dan ditangkap oleh kamera. Dalam dunia fotografi terdapat tiga elemen yang menentukan seberapa banyak cahaya yang ditangkap oleh sensor kamera. Tiga elemen tersebut adalah Shutter Speed atau jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi kecepatan rana, merujuk kepada berapa lama shutter kamera terbuka, dan mengijinkan cahaya mengenai sensor. 

Sudut Pengambilan Gambar Atau Object 

Sebagai seorang fotografer Anda harus mengetahui sudut atau angle mana yang tepat Anda pakai dalam menghasilkan gambar yang Anda inginkan. Untuk seorang pemula dapat memahami dan menguasai teknik-teknik dasar ini adalah sesuatu kemajuan yang baik, selain teknik dasar yang harus Anda punya sebagai seorang pemula dalam dunia fotografi adalah untuk tidak cepat puas dengan hasil foto yang telah Anda ambil. Gali terus kemampuan Anda agar foto yang Anda hasilkan dapat menjadi foto terbaik dan mungkin akan menghasilkan keuntungan untuk Anda.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments