usia janin
Bunda harus mengetahui bahwa ketika memasuki usia kehamilan 8 bulan, maka perut Bunda tersebut pasti sudah terlihat semakin besar, Bun. Hal ini disebabkan janin yang ada di dalam kandungan sedang tumbuh semakin pesat. Sebentar lagi waktunya persalinan akan datang, jadi di usia kehamilan 8 bulan ini Bunda dan janin pastinya sedang sama-sama mempersiapkan diri menghadapi momen persalinan tersebut. 

Menurut bidan Sela bidan di Bandung bahwa efeknya, Bunda akan sering merasa sesak nafas dan sulit beraktivitas. Namun, Bunda tidak perlu khawatir karena ini adalah hal yang wajar. Buat membantu menenangkan janin di dalam kandungan, maka Bunda bisa mengajaknya bicara atau mengusap-usap perut Bunda. 
usia janin
Perkembangan dan Pertumbuhan Janin 8 Bulan

Jadi, ketika memasuki usia janin 8 bulan, maka berbagai perubahan juga mulai dirasakan oleh janin. Mulai dari posisi sampai pada gerakan-gerakan baru yang mulai bisa ia lakukan. Jika dalam hasil pemeriksaan ditemukan posisi janin masih sungsang, maka periode waktu ini biasanya bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan posisi janin yang normal.

Lakukan Pemeriksaan USG Pada Kehamilan 8 Bulan

Ketika Bunda melakukan pemeriksaan USG terhadap kehamilan 8 bulan, umumnya janin sudah terlihat lumayan besar. Banyak ekspresi dan gerakan lucu juga sudah mulai bisa ia lakukan. Kebanyakan pertumbuhan dan perkembangan usia janin di bulan ke 8 ini terlihat pada ukuran tubuhnya yang tampak semakin besar. Selain itu, lapisan lemak dalam kulitnya juga sudah semakin maksimal. 

Perubahan Tubuh Mama

Perkembangan dan pertumbuhan janin yang sudah semakin pesat di dalam kandungan pastinya akan membuat terjadi perubahan juga pada tubuh Bunda. Dari luar, pasti terlihat perut Bunda akan semakin buncit. 

Masalah yang Sering Dialami Kehamilan

Setiap perkembangan dan pertumbuhan janin setiap trimester seringkali disertai dengan beberapa tantangan tersendiri. Termasuk pada trimester ketiga, khususnya di usia kehamilan 8 bulan, Bun. 
Apabila sudah semakin dekat dengan waktunya persalinan, maka Bunda perlu lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan kehamilan di waktu ini. 

Karena beberapa aktivitas atau makanan tertentu misalnya, dikhawatirkan bisa memberikan efek negatif bagi kesehatan janin. Usahakan menghindari berlebihan mengkonsumsi makanan yang dilarang, ini karena bisa membuat Bunda rentan mengalami gangguan pencernaan. 

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments