mendidik anak usia 3 tahun

Pada masa tumbuh kembangya, anak usia 3 tahun merupakan proses anak yang sudah mulai bisa mengeksplor dan menghadapi berbagai hal baru disekitarnya. Dengan artian, anak usia 3 tahun ini sudah bisa memproses informasi yang ada disekitarnya, namun belum bisa memfilter apakah hal tersebut baik atau tidak untuk dilakukan. Itu sebabnya mendidik anak usia 3 tahun ini, menjadi sangat penting untuk dilakukan semaksimal mungkin bagi anda para orang tua. 

Adapun cara mendidik anak usia 3 tahun yang tidak boleh anda abaikan, diantaranya adalah sebagai berikut : 



Mengajarkan ilmu agama

Ilmu agama menjadi salah satu hal penting yang harus dipahami dan diterapkan bagi setiap manusia. Untuk itu sebabnya dari semenjak usia 3 tahun, anda bisa mengajarkan ilmu agama dasar kepada sikecil agar ia menjadi terbiasa saat akan beranjak remaja dan dewasa. Anda bisa memulai dengan mengajarkan ia doa-doa pendek seperti doa mau makan, mau tidur atau yang lainnya. 

Memberikan Pendidikan moral.

Pada anak usia 3 tahun merupakan salah satu fase yang baik untuk diajarkan tentang Pendidikan moral. Agar kedepannya, sikecil jadi bisa merasakan betapa indahnya saling berbagi, berbuat baik kepada temannya, berterima kasih bila dikasih sesuatu, dan belajar meminta maaf apabila ia melakukan suatu kesalahan.

Ajarkan sikecil untuk berempati.

Bila terjadi momen ada anak lain yang jatuh disekitar sikecil, maka gunakan dengan baik momen tersebut dengan rasa kasihan. Karena bila ia sudah mengenal rasa kasihan atau berempati ini, maka saat ia beranjak besar nanti akan menjadi lebih mudah untuk tidak menyakiti dan memukul teman-temannya. Dengan mengajarkannya ia berempati juga setidaknya akan memupuk ia untuk bisa peduli terhadap sesama dan juga dengan lingkungan sekitarnya. 

Ajarkan anak untuk bersosialisasi

Penting sekali untuk mengajarkan anak anda untuk bersosialisasi dalam mendidik anak usia 3 tahun. Karena dengan demikian anak anda nanti akan mudah terbiasa bila memasuki lingkungan baru, entah itu di sekitar rumah atau di lingkungan sekolah. Sederhananya, anda bisa mengajak anda untuk keluar rumah ke acara-acara yang banyak melibatkan banyak orang seperti misalnya acara lomba, hajatan dan lain sebagainya. 

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments