ekstensi d3 ke s1


Jenjang pendidikan memiliki peran yang sangat penting bagi masa depan seseorang. Bahkan banyak perusahaan yang mengutamakan jenjang pendidikan tinggi untuk merekrut karyawannya. Namun, tidak sedikit orang yang masih memiliki gelar D3 dan belum sampai pada gelar Sarjana karena berbagai hal. D3 sendiri adalah jenjang pendidikan tinggi yang menitikberatkan kepada keahlian dibandingkan dengan teori. Waktu kuliah yang dibutuhkan relatif lebih cepat dan menjadi salah satu daya tariknya. Untuk bisa mendapatkan jenjang karir yang lebih baik, tentunya diperlukan ekstensi D3 ke S1 untuk program pendidikan yang lebih tinggi guna menunjang karir anda.

Program D3 bertujuan agar lulusannya bisa langsung bekerja atau berwirausaha setelah lulus kuliah. Tapi tidak sedikit pula yang ingin langsung melanjutkan ke jenjang S1 atau yang disebut juga dengan kuliah ekstensi. Dimana kuliah ekstensi memungkinkan anda untuk mengambil bidang studi yang tidak sama dengan bidang studi yang telah diambil ketika menempuh D3. 

Anda juga dapat mengambil kuliah ekstensi dengan jurusan yang sama seperti saat menempuh program D3. Kuliah ekstensi dengan memilih jurusan yang sama, disebut dengan program pendidikan linier. Keuntungan yang anda peroleh dengan mengambil jurusan linier tersebut adalah mata kuliah yang telah diambil ketika kuliah D3 sebelumnya dapat dikonversi. Yang mana mata kuliah tersebut dikonversi ke dalam mata kuliah yang menjadi persyaratan kelulusan S1.

ekstensi d3 ke s1


Beberapa perguruan tinggi mungkin menyediakan program ekstensi yang tidak linier sesuai dengan kebijakan setiap kampus yang kebanyakan tidak sama. Akan lebih baik jika anda memilih ekstensi D3 ke S1 yang mendekati linier, meskipun tidak secara spesifik sama namun tetap pada bidang yang sejenis. Seperti misalnya lulusan D3 Teknik Informatika yang melanjutkan program S1 pada jurusan yang masih berada di lingkup keilmuan sejenis. 

Yaitu mengenai komputer seperti Sistem Informasi ataupun Ilmu Komputer. Program ekstensi merupakan suatu program pendidikan yang dapat dipilih oleh mahasiswa lulusan program D3 yang menginginkan ekstensi atau memperpanjang jenjang pendidikannya menjadi S1. Jadi, melalui program ini mereka bisa melanjutkan kuliahnya hingga program S1 tanpa perlu mengulang dari awal. 

Sebelum anda memutuskan untuk melanjutkan kuliah D3 menuju S1, anda perlu untuk mencari tahu terlebih dahulu kampus mana saja yang menyediakan program ekstensi. Hal tersebut tentunya dapat membantu anda untuk menentukan pilihan yang mungkin akan diambil dengan lebih mudah. Selain itu, jika anda ingin memilih program ekstensi D3 ke S1, maka pilihlah jurusan yang sebidang dengan jurusan anda sebelumnya. 

Sebab anda hanya akan menambah mata kuliah yang sudah pernah kalian ikuti. Jadi, melalui program ekstensi tersebut anda akan memperoleh mata kuliah baru untuk melengkapi mata kuliah yang sudah pernah didapatkan. Dengan begitu, anda bisa memperoleh gelar sarjana (S1) sesuai dengan bidang yang telah diambil sebelumnya. 

Berbeda dengan pemilihan jurusan yang sebidang, jika anda memilih jurusan yang sama sekali berbeda dengan, maka otomatis anda harus mengikuti perkuliahan sejak awal. Anda akan memulai lagi mata kuliah dari dasar, yang berarti bahwa anda sama saja dengan berkuliah lagi. 

Anda ingin melanjutkan jenjang sekolah lebih tinggi dengan kualitas pendidikan terbaik dengan program ekstensi D3 ke S1? IDS (IDS Digital College) adalah opsi yang tepat. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (IDS Digital College) adalah institusi pendidikan ilmu komputer dengan gelar Strata 1 (S1). Melalui pendekatan Real World Project membantu anda untuk siap menghadapi tantangan karir, bisnis dan pertumbuhan teknologi. 

IDS Digital College memiliki peminatan pada Software Engineering, Cyber Security dan Mobile Apps & Games Development. IDS Digital College membangun kurikulum bertaraf internasional yang siap untuk membimbing para mahasiswa untuk menjadi seorang profesional IT dalam persaingan global.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments