Semua orang tua pasti ingin si Kecil tumbuh berani dan juga mandiri. Akan ada kebanggan tersendiri apabila si Kecil mampu melakukan berbagai hal sederhana seorang diri tanpa bergantung pada orang tua. Tidak hanya itu saja, sifat mandiri si Kecil ini juga menjadi salah satu bekal penting saat mereka telah tumbuh dewasa.


Mam bisa membantu melatih anak mandiri sedari mereka masih kecil. Caranya yaitu dengan memberikan arahan-arahan tertentu yang bisa membangun sikap mandiri tersebut. Langsung saja berikut ini adalah cara yang bisa Mam ikuti:




  • Mulai dengan Memberi Tugas Sederhana


Mam bisa mulai melatih kemandirian si Kecil dengan memberikan tugas sederhana seperti membereskan tempat tidur, melipat pakaian, atau membersihkan mainan. Kegiatan sederhana tersebut memupuk rasa tanggung jawab serta membentuk karakter mandiri.


  • Biarkan Si Kecil Menentukan Pilihan


Si Kecil dikatakan mandiri apabila mereka tidak bergantung pada orang lain, termasuk dalam hal menentukan pilihan. Cobalah membiasakan si Kecil untuk mengambil keputusan mengenai apa hal yang akan dilakukan atau disukai. Beri masukan dan penjelasan apabila yang dipilih kurang baik menurut Mam.


  • Pastikan Lingkungan Ramah


Saat melatih anak mandiri, pastikan bahwa lingkungan mereka aman dan ramah. Sebagai contoh, jika si Kecil sedang belajar mencuci piring maka berikan peralatan dari plastik agar lebih aman. Pilihkan kegiatan yang tidak berisiko seperti mencuci buah dan sayur ketika mereka belajar memasak.


  • Beri Pujian Atas Setiap Usahanya


Meski terdengar sepele, namun memberi pujian terhadap apa yang telah dilakukan si Kecil penting untuk dilakukan. Pasalnya, hal tersebut menjadi motivasi tersendiri bagi si Kecil untuk terus berkembang dan melatih kemandiriannya.


Itulah cara melatih anak mandiri yang bisa Mam terapkan di rumah. Setiap cara yang diberikan pada si Kecil bisa disesuaikan dengan usia, kemampuan, dan tumbuh kembangnya. Penuhi kebutuhan nutrisi si Kecil dengan makanan bergizi agar tumbuh kembangnya optimal. 


Mam juga bisa melengkapi nutrisi dengan memberikan susu pertumbuhan. Ada beberapa varian produk S-26 GOLD yang bisa disesuaikan dengan tahapan usia si Kecil. Dukung si Kecil menjadi hebat.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments