jurusan teknik informatika

Kuliah di jurusan yang menyangkut bidang teknologi merupakan salah satu hal yang sangat diminati oleh para calon mahasiswa. Terutama jurusan Teknik Informatika yang tergolong berat dengan berbagai matakuliah dan berbagai ilmu yang harus dipelajari dan segala tugas kuliah yang harus diselesaikan. Meskipun demikian, hal ini tidak menghalangi niat para calon maba untuk terus kuliah dan belajar di jurusan ini.

Hal ini pun juga dapat dilihat dari sekian banyak kampus yang menawarkan jurusan di bidang IT terutama jurusan Teknik Informatika. Seperti salah satu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (IDS Digital College) yang juga menawarkan jurusan Teknik Informatika yang memiliki prospek karir di berbagai bidang industri baik media, komunikasi, finansial, kesehatan, manufaktur, sistem keamanan, distribusi, hingga departemen pemerintahan.

jurusan teknik informatika

Meskipun begitu, apabila kamu ingin memasuki jurusan ini atau pada bidang teknologi lainnya sebelumnya kamu harus memiliki ijazah SMA jurusan IPA. Hal ini jelas bukan tanpa alasan, dikarenakan pada masa awal kuliah kamu akan mempelajari fisika, kimia, dan juga matematika, sebagai dasar keilmuan informatika yang dibutuhkan. Baru setelahnya mahasiswa jurusan ini akan mempelajari mengenai sistem komputer, jaringan, matematika, bahasa program, desain, hingga interaksi manusia dan komputer.

Lalu, apa keuntungannya mengambil jurusan teknik yang satu ini? Kamu akan menemukan jawabannya berikut ini.

Peka Terhadap Perkembangan Teknologi

Dengan berkuliah di Teknik Informatika, tentu kamu akan memiliki kepekaan yang lebih dengan berbagai perkembangan teknologi daripada orang lain. Kamu akan merasa lebih terbuka terhadap perkembangan teknologi dan hal ini juga dapat membantu kesuksesan kamu semasa kuliah. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan mendetil mengenai segala perangkat yang berkaitan dengan teknologi informatika.

Lebih Paham Mengenai Proses Informasi pada Komputer

Komputer dengan segala kerumitan programnya dalam memproses informasinya dapat dengan mudah dipahami jika kamu tekun dalam mempelajarinya selama masa kuliah. Hal ini dapat membantu kamu dalam mengembangkan suatu sistem baru dan juga menciptakan berbagai inovasi yang menarik dan juga bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Menciptakan dan Mengembangkan Software

Membuat software dan juga pemrograman dapat dikatakan sebagai tugas utama seorang programmer. Maka dari itu, jika kamu berkuliah di Teknik Informatika kamu dapat membuat atau bahkan menciptakan software. Selain itu, kamu juga dapat membuat aplikasi yang bermanfaat bagi orang banyak.

Tentu hal ini sangat menjanjikan jika melihat semakin berkembangnya zaman, jelas orang yang ahli di bidang teknologi akan sangat dibutuhkan di masa depan nanti.

Lapangan Pekerjaan Terbuka Lebar

Hal ini jelas jika kita melihat bahwa di masa depan nanti manusia akan sangat bergantung pada teknologi. Jelas sudah bisa dipastikan bagi siapapun yang berkuliah di jurusan ini akan merasa aman jika bicara soal prospek pekerjaan. Tentu berbagai perusahaan akan sangat membuka lebar bagi lulusan IT.

Setiap perusahaan akan sangat membutuhkan tenaga ahli IT untuk membantu mengembangkan dan menjalankan bisnisnya.

Jasa Konsultan IT

Selanjutnya, kamu juga bisa menjadi konsultan IT. Pada umumnya, profesi ini membantu kliennya untuk memperoleh informasi mengenai pemasangan atau instalasi suatu sistem agar dapat berjalan dengan baik. Selain itu, para lulusan IT juga dapat mengembangkan berbagai perangkat yang telah diciptakan dan menjadi konsultan dalam proses perakitan suatu komputer.

Demikian berbagai keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu berkuliah di Teknik Informatika. Tentu saja jurusan ini harus menjadi salah satu pertimbangan kamu untuk melanjutkan kuliah karena prospek masa depan yang cukup menjanjikan.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments