Emas merupakan perhiasan yang tidak murah harganya. Apalagi disertai pengikat berupa batu permata atau berlian. Namun, setelah beberapa lama pemakaian seringkali emas terlihat kusam dan berubah warna. Jika itu terjadi, Anda harus tahu cara membersihkan perhiasan emas mudah dan alami.

Bagaimana emas dapat terlihat kusam?

Ini mungkin terjadi karena debu yang menempel, terutama emas dengan ukiran. Di lap atau dicuci biasa, debu tidak mudah hilang. 

Sebab lain, jika dipakai terus menerus mungkin ada noda keringat yang ikut menempel atau zat lain yang tidak sengaja terbawa. Apalagi jika perhiasan emas yang dimaksud adalah cincin. 

Cincin digunakan pada jari tangan yang dipakai untuk memegang berbagai hal.

Cara Membersihkan Perhiasan Emas dengan Mudah dan Alami


Sudah disebutkan di atas bahwa membersihkan debu yang menempel tidak dapat dengan ditiup atau dilap dengan kain lembut saja. Anda harus mempunyai trik sendiri yang tepat.

Cara membersihkan perhiasan emas yang tidak tepat akan membuat beratnya berkurang atau rusak.

Misalnya, Anda menggunakan pasta gigi yang digosok halus atau dioleskan di atas perhiasan. Ini salah karena dapat merusak zat yang didalamnya.

Selain itu, bentuk perhiasan juga mempengaruhi cara membersihkan.

Untuk Anda, perhatikan cara-cara berikut.

1. Menggunakan Sabun Pencuci Piring

Sabun pencuci piring dicampur dengan air hangat sangat pas untuk emas yang mengikat batu mulia lain.

Rendamlah perhiasan Anda selama 5 menit. Di sana akan terlihat bahwa kotoran dan debu yang menempel keluar dan terlarut. Setelah itu, perhiasan dibilas dengan air bersih dan dikeringkan dengan lap lembut.

2. Menggunakan Amonia

Amonia, yang mempunyai nama kimia NH3, memang merupakan basa kuat, mirip dengan sabun pencuci piring dengan dosis lebih tinggi.

Oleh karena itu, amonia yang dicampur dengan air sedikit dapat digunakan dengan untuk merendam perhiasan Anda.

Perlu diperhatikan perendaman sedapat mungkin tidak terlalu lama, cukup 1 menit saja. Perendaman terlalu lama dapat membuat emas yang notabene logam akan korosif atau berkarat.

Setelah direndam, angkat perhiasan dengan pinset, bilas dengan air bersih, dan keringkan. Larutan amonia pekat juga dapat merusak kulit tangan jika bersentuhan langsung.

3. Menggunakan Pinset

Anda mempunyai perhiasan dengan banyak bentuk ukiran dan ikatan berlian atau permata. 

Untuk menghindari perendaman terlalu lama atau Anda ragu, ambil saja pinset. Pinset dapat membantu membersihkan noda yang menyelip.

4. Menggunakan Alkohol

Cara lain yang cukup akurat untuk membersihkan perhiasan emas adalah dengan alkohol 70%. Alkohol ini dapat mengangkat kotoran lemak atau minyak yang menempel.

Untuk perhiasan yang merupakan perpaduan dengan bahan lain, hindari perendaman. Anda cukup mengoleskan alkohol dengan cutton bud di atas emas.

5. Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Baking soda dan cuka mempunyai zat yang hampir sama dengan amonia dan air sabun. Anda dapat merendam perhiasan di larutan baking soda untuk menghasilkan emas bersih. Setelah kering, teteskan dengan cuka agar lebih mengkilap.

6. Cara Membersihkan Perhiasan Emas di Toko Emas

Anda ragu menggunakan cara membersihkan perhiasan emas di atas karena tetap khawatir merusaknya? Datanglah ke toko tempat membeli perhiasan tersebut. Biasanya, toko seperti Mondial & Miss Mondial menyediakan pelayanan khusus untuk hal ini.

Emas dan perhiasan yang tetap bagus karena perawatan yang sempurna juga menjadi bagian dari pelayanan. Toko akan senang jika perhiasan yang Anda miliki tetap berkilau.

Jadi, mudah bukan cara membersihkan perhiasan emas? Anda dapat melakukannya sendiri atau langsung membawanya ke tokko.


Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments