Memperhatikan dan mendukung tumbuh kembang anak merupakan kewajiban orang tua. Pasalnya dengan dukungan yang tepat, si Kecil bisa tumbuh dan berkembang dengan baik seperti anak pada umumnya. Memang ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam masa tumbuh kembang anak, salah satu yang paling penting adalah kecukupan gizi dan nutrisi. Pasalnya nutrisi tumbuh kembang anak yang cukup dan seimbang mampu membantu si Kecil tumbuh dengan optimal.

Namun hal tersebut tidak semudah yang Anda bayangkan karena tidak semua anak mampu menerima semua jenis makanan. Tidak sedikit anak yang pilih-pilih makanan dan hanya mau makan apa yang mereka sukai saja. Padahal gizi yang seimbang dibutuhkan agar tumbuh kembang di semua hal berjalan dengan baik. Untuk membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diikuti:

Bersabar Saat Memperkenalkan Makanan Baru

Memperkenalkan makanan baru pada anak memang bukan hal yang mudah. Mereka biasanya akan memuntahkan makanan baru tersebut apabila tidak sesuai dengan seleranya. Perkenalkan secara bertahap misalnya bercerita mengenai bentuk, tekstur, dan aroma. Coba sajikan makanan tersebut dengan makanan favorit si Kecil agar mereka mau mencoba.

Berikan Makan Sesuai Jadwal

Si Kecil harus mulai dibiasakan makan sesuai jadwal yang telah ditentukan. Membiarkan si Kecil mengonsumsi minuman seperti jus sepanjang hari bisa membuat nafsu makan mereka menurun. Apabila ada jadwal rutin maka tubuh akan secara otomatis mengaktifkan alarm saat tiba waktunya.

Sajikan dengan Menarik

Salah satu cara paling jitu untuk menarik perhatian anak adalah dengan kreasi dan inovasi. Buat makanan lebih menarik misalnya dengan membentuknya menggunakan cetakan unik. Sajikan sayuran atau brokoli dengan tambahan saus favorit untuk menarik minat mereka.

Berikan Contoh

Anak merupakan peniru yang sangat baik. Sebagai orang terdekat, Anda harus memberikan contoh yang baik untuk ditiru. Terapkan pola makan sehat apabila makan di depan anak. Dengan begitu anak akan berpikir bahwa makanan tersebut adalah makanan yang biasa dimakan semua orang.

Minta Mereka Membantu Memilih

Sesekali Anda harus melibatkan si Kecil dalam memilih makanan. Mintalah mereka untuk membantu memilih makanan sehat yang akan dimakan. Biasanya anak-anak akan lebih tertarik karena mereka merasa bangga dengan pilihannya tersebut. Selain memilih makanan, ajak si Kecil untuk membantu di dapur misalnya mengaduk adonan atau mencuci sayur.

Minimalkan Gangguan Saat Makan

Jauhkan si Kecil dari ponsel dan televisi saat mereka makan. Pasalnya kedua hal tersebut bisa mengalihkan fokus mereka sehingga makanan tidak segera habis. Selain itu, banyaknya iklan yang muncul bisa memicu si Kecil untuk meminta makanan lainnya.

Hindari Memberikan Permen Sebagai Hadiah

Usahakan untuk tidak menawarkan hadiah berupa permen ataupun makanan manis lainnya setelah si Kecil selesai makanan. Pasalnya hal tersebut bisa dianggap sebagai sinyal bahwa makanan penutup adalah makanan terbaik dan malah meningkatkan keinginan mereka untuk makan permen.

Hindari Menyajikan Makanan Secara Terpisah

Jangan menyajikan makanan secara terpisah karena bisa membuat si Kecil memilih-milih makanan. Berikan pengertian dengan bijak jika semua makanan memiliki manfaat sendiri-sendiri. Jadi tidak ada makanan yang boleh dilewatkan ketika mereka makan.

Itulah cara memenuhi kebutuhan nutrisi tumbuh kembang anak agar lengkap dan seimbang. Sesuaikan pemilihan dan porsi makanan berdasarkan tahapan usia anak karena setiap tahapan usia membutuhkan nutrisi yang berbeda. Semoga informasi mengenai cara memenuhi kebutuhan nutrisi anak di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments