Kehadiran musik sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Nggak cuma bikin kamu lebih tenang ketika lagi stress, ternyata musik punya banyak manfaat. Beberapa di antaranya ngasih kesejahteraan mental, emosional, dan fisik. Sekarang, kamu bisa ngedengerin musik di mana dan kapan aja. Biar mood tambah oke, coba mandi pakai Medicare sabun anti bakteri. Badan udah pasti bersih dari kuman, tubuh pun jadi bugar! Nah ternyata, masih ada manfaat lain dari musik, lho. Penasaran? Yuk, simak!

  • Bantu Kurangi Kecemasan

Musik yang kamu dengarkan setiap hari ternyata bisa bantu kurangi kecemasan. Bahkan, sebuah studi dari National Institutes of Health menunjukkan bahwa orang yang menjalani rehabilitasi setelah stroke bisa merasa lebih rileks setelah mendengarkan musik selama satu jam. Selain itu, dengerin musik sambil diiringi suara alam bantu kurangi rasa cemas sekaligus memulihkan sistem saraf dengan lebih cepat. Ahli terapis juga menggunakan musik sebagai alternatif untuk membuat tubuh rileks. Terapi menggunakan musik berguna agar otot lebih santai sehingga perasaan cemas bisa menurun. 

  • Membuat Tidur Jadi Nyenyak 

Kalau kamu kesulitan buat tidur dan mengalami insomnia, boleh mencoba untuk mendengarkan musik klasik. Seperti dilansir dari liveforlivemusic.com, mendengarkannya selama 1 jam bisa meningkatkan kualitas tidur. Secara langsung, musik juga bisa mempengaruhi hormon di dalam tubuh. 


Selain itu, musik berkemampuan dalam memperlambat detak jantung, pernapasan, menurunkan tekanan darah, serta memicu otot untuk rileks. Musik dengan genre klasik, jazz, dan folk dapat. Sehingga, tidur pun lebih nyenyak. 

  • Bikin Mood Jadi Happy

Ada banyak hal yang bisa bikin bete. Kadang, kelamaan ngerjain tugas atau kerjaan merasa jenuh. Bisa juga pas jalanan lagi macet, pasti bosan. Kamu bisa kok balikin mood dengan meluangkan waktu 15 menit aja buat dengerin musik. Ada sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Positive Psychology, telah menguji efek musik pada perubahan mood seseorang. Nah, musik ini ngeluarin dopamin dan neurotransmitter yang bisa bikin penasaran sehingga mood jadi happy. Studi lain juga melaporkan bahwa musik dapat menstimulasi emosi melalui sirkuit otak yang spesifik. 

  • Meningkatkan Produktivitas Waktu Lari

Para ilmuwan menemukan bahwa dalam jarak 800 meter, pelari yang sambil mendengarkan musik up beat, bakal lebih cepat dibanding pelari lain yang nggak dengerin musik sama sekali atau mendengarkan musik mellow. Jadi, ini bisa jadi tips buat kamu yang pengen ningkatin performa saat berolahraga. Biar lebih semangat, coba pakai Medicare sabun anti bakteri yang ampuh ngilangin bakteri dan bau badan akibat keringat.

  • Meredakan Depresi

Musik-musik tertentu bantu pelepasan serotonin dan dopamin (neurotransmitter) di otak yang menyebabkan peningkatan perasaan bahagia. Musik mampu merangsang pelepasan beberapa hormon seperti norepinefrin, hormon yang memicu perasaan bahagia. Studi yang diterbitkan oleh Southern Medical Journal menyatakan kalau musik tampaknya memberikan efek fisiologis langsung melalui sistem saraf otonom. 


Musik punya kemampuan untuk menyebabkan respon motorik dan emosional, terutama ketika menggabungkan gerakan dan stimulasi jalur sensorik berbeda. Tidak hanya untuk meredakan kecemasan dan depresi, terapi musik juga bermanfaat bagi penderita cacat fisik atau kognitif, seperti anak-anak difabel atau orang dewasa usia lanjut yang menderita penyakit kronis tahap akhir. 


Meskipun sederhana, musik ternyata punya banyak manfaat bagi tubuh, termasuk bikin mood kembali happy. Selain mendengarkan musik kesukaan, menjaga kesehatan tubuh bisa dimulai dari membiasakan hal-hal seperti selalu menggunakan Medicare sebagai sabun anti bakteri. Formula Zebact 100 yang ada di dalamnya, ampuh bunuh 99% bakteri penyebab masalah kulit. Jadi, tubuh tetap sehat dan fresh!


Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments