Menjadi salah satu ruangan paling penting, desain kamar tidur harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya kenyamanan kamar tidur bisa membuat istirahat lebih maksimal. Selain itu, Anda yang sering bekerja dan belajar di kamar juga bisa lebih produktif. Hal terpenting dalam mendesain kamar tidur adalah menentukan gaya atau style yang ingin diterapkan. 

Gaya kamar tidur harus sesuai kepribadian agar Anda merasa lebih nyaman. Percuma jika kamar tidur memiliki desain bagus namun Anda merasa kurang suka atau kurang nyaman dengan gayanya. Ada cukup banyak gaya kamar tidur yang bisa dipilih, beberapa di antaranya yang bisa Anda pertimbangkan yaitu:

Gaya Skandinavia

Gaya Skandinavia menjadi banyak pilihan karena memberikan kenyamanan tersendiri. Tidak hanya oleh orang dewasa, gaya ini juga banyak dipakai oleh para Millennials dan Gen Z. Gaya ini memiliki ciri khas unik misalnya seperti konsep tradisional yang dipadukan dengan konsep modern. Kayu menjadi elemen utama pada furniture yang digunakan oleh gaya Skandinavia.

Gaya Eklektik

Mungkin belum banyak orang yang mendengar desain kamar tidur Eklektik, namun sebenarnya desain ini sudah cukup populer. Gaya ini adalah campuran dari tiga konsep sekaligus yaitu klasik, rustic, dan post modern. Ada elemen ruangan yang membuat pemiliknya mampu bernostalgia. Selain itu, gaya ini juga menggunakan warna gelap sebagai warna utama.

Gaya Dramatis

Sesuai namanya, kamar tidur dengan gaya dramatis memiliki suasana dramatis di dalamnya. Biasanya nuansa warna gelap yang dihadirkan yang membuat kamar terasa lebih dramatis. Bahan mewah digunakan untuk menambah kesan nyaman dan mewah. Biasanya bahan-bahan yang digunakan tersebut yaitu bludru atau kulit. Anda bisa menggunakan furniture seperti lampu tidur warna gelap, kursi bahan bludru, dan ranjang dari kayu.

Gaya Tropis

Gaya tropis sangat cocok dengan anak muda yang senang dengan warna-warna colorful. Pasalnya gaya tropis biasanya menggunakan warna alam seperti biru dan hijau sebagai warna utama. Namun Anda juga bisa menggunakan warna lainnya seperti warna kayu dan batu alam yang natural. Jangan lupa meletakkan tanaman di sudut ruangan agar kamar tidur tampak lebih indah.

Gaya Minimalis

Selain gaya tropis, gaya minimalis juga banyak dipilih oleh anak muda. Pasalnya gaya minimalis mampu menampilkan nilai estetis pada ruangan terbatas. Selain itu, kebanyakan anak muda memang lebih suka hal yang praktis sehingga gaya minimalis sangat cocok diterapkan di kamar kosan, apartemen, dan lain sebagainya. Kebanyakan gaya minimalis menggunakan dekorasi yang tidak berlebihan dan memanfaatkan furniture yang multifungsi.

Gaya Rustic

Gaya Rustic merupakan gaya yang sangat menarik karena menerapkan pilar kasual, kuat, serta natural. Kebanyakan furniture yang digunakan pada gaya ini adalah furniture yang terbuat dari kayu. Selain itu, dekorasinya juga cukup banyak dan beragam, seperti pajangan dinding, tanaman, dan lain sebagainya.

Gaya Transisi

Inspirasi desain yang terakhir adalah gaya Transisi. Gaya ini unik karena memadukan elemen modern dengan elemen tradisional. Hal tersebut biasanya diterapkan dalam pemilihan furniture yang digunakan. Sebagai contoh yaitu kabinet dengan konsep tahun 1950-an dipadukan dengan ranjang bergaya modern. Meskipun memadukan dua konsep yang bertolak belakang namun kesan indah tidak bisa hilang begitu saja.

Itulah 7 inspirasi desain kamar tidur yang bisa Anda pertimbangkan. Sesuaikan pemilihan desain dan pastikan budget yang disiapkan cukup. Anda bisa mendapatkan inspirasi lainnya seputar desain melalui Masterumah.id. Dalam ruang inspirasi dari Semen Tiga Roda ini, Anda juga bisa bertanya langsung pada Master melalui fitur TANYA MASTER. Langsung kunjungi website masterumah.id untuk informasi dan inspriasi yang Anda butuhkan.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments