ruam anak

Bagi Anda yang masih baru pertaman menjadi seorang ibu, jangan buru-buru panik ketika mendapati ruam pada si kecil. Ruam atau bercak kemerahan merupakan hal yang sering dialami oleh bayi dan anak-anak. Hal inii bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti alergi atau masalah kebersihan. Cara mengatasi ruam anak dapat dilakukan sendiri terlebih dahulu jika kondisinya masih tergolong ringan. Namun, jika dalam beberapa hari ruam tak kunjung redah maka Anda perlu memeriksa si kecil ke dokter.

Cara Sederhana Atasi Ruam 

Ruam yang terjadi pada bayi dapat diatasi dengan cara sederhana. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi ruam pada si kecil.

Cuci Tangan

Bayi memiliki kulit yang lebih tipis jika dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini pula yang membuat kulit bayi sensitif dengan kotoran atau benda asing lainnya. Oleh sebab itu, cuci tangan Anda menggunakan sabun ketika akan mengganti popok si kecil. Hal ini bertujuan agar si kecil terhindar dari kuman dan kotoran yang dapat menyebabkan ruam. 

ruam anak

Mencuci tangan juga harus dilakukan setelah Anda mengganti popok si kecil. Dikhawatirkan kuman dan bakteri yang terdapat popok kotor tersebut menempel di tangan Anda. Resiko ruam pada si kecil pun dapat dikurangi dengan Anda rajin mencuci tangan sebelum memegang si kecil.

Segera Ganti Popok Yang Kotor

Popok kerap menjadi biang keladi ruam pada bayi. Oleh sebab itu, periksa popok si kecil sesering mungkin. Jika popok sudah penuh dengan urin atau feses maka segera ganti dengan yang baru. Sebelum mengganti dengan popok baru, bersihkan terlebih dahulu kulit si kecil dari sisa-sisa kotoran yang menempel. Lap menggunakan kain basah atau tisu basah dan kering menggunakan handuk.

Kondisi popok yang lembab menjadi pemicu timbulnya ruam karena bakteri akan lebih mudah berkembang biak. Selain itu, sisa kotoran dan urin yang tidak dibersihkan dengan air dapat membuat kulit si kecil iritas bahkan infeksi.

Perhatikan Ukuran Popok

Ruam tidak hanya disebabkan karena kondisi popok yang kotor namun juga disebabkan karena salah ukuran popok. Popok yang terlalu kecil akan membuat kulit bayi tidak bisa bernafas dan mudah lecet. Hal inilah yang juga dapat mengakibatkan ruam pada bayi. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar memperhatikan ukuran popok yang sesuai dengan umur bayi Anda.

Produk Perawatan Non Alkohol & Pewangi

Ruam biasa juga dapat diakibatkan karena produk kebersihan yang mengandung alkohol dan pewangi. Oleh sebab itu, jika Anda sering menggunakan tisu basah dan tisu kering untuk membersihkan bayi Anda sebaiknya memilih produk bebas alkohol dan pewangi. Kandungan zat kimia pada produk tersebut bisa mengakibatkan iritasi pada bayi. Agar lebih aman, Anda dapat membersihkan sisa kotoran tersebut menggunakan waslap dan mengeringkannya dengan handuk. 

Bebaskan Bayi Dari Popok

Jika Anda ingin ruam pada si kecil cepat sembuh maka biarkan bayi tanpa popok terlebih dahulu. Hal ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan karena kulit tidak selembab ketika memakai popok. Selama di rumah, Anda dapat memakaikan celana dengan bahan yang lembut dan menyerap keringat. Penggunaan popok dapat dilakukan jika Anda akan bepergian.

Krim Anti Ruam

Ruam juga dapat diatasi dengan menggunakan krim anti ruam khusus untuk bayi. Oleskan krim tersebut pada bagian kulit yang mengalami ruam. Sebaiknya, jangan memakaikan popok terlebih dahulu setelah diolesi krim tersebut. Biarkan krim meresap dan kering baru kemudian Anda bisa memasangkan popok kembali.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments