Kebanyakan pasangan pengantin menggunakan logam emas sebagai pilihan untuk cincin kawin atau cincin nikah. Namun sayangnya ada juga pengantin yang tidak menyukai logam yang identik berwarna kuning ini. Di dalam Islam sendiri, pria tidak boleh menggunakan perhiasan yang terbuat dari emas. Oleh sebab itu, pengantin pria harus mengganti logam emas dengan jenis logam lainnya. Tenang saja, masih ada beberapa logam yang bisa dipilih sebagai bahan pembuatan cincin. Langsung saja, berikut ini di antaranya:

Perak Murni

Logam pertama yang bisa Anda jadikan pilihan adalah perak murni. Karakteristik utamanya yaitu lembut, mudah dibentuk, dan ringan. Dibandingkan dengan emas, perak murni memiliki harga yang jauh lebih terjangkau. Jadi jangan heran apabila kualitasnya juga tidak sebaik cincin dari emas. Biasanya cincin dari perak lebih mudah tergores apabila terkena benda tajam. Agar lebih tahan lama, Anda harus melapisi cincin dari perak dengan logam tertentu misalnya rhodium.

Platinum

Platinum adalah pilihan tepat untuk Anda yang mencari diamond wedding ring terbaik. Logam ini diyakini menjadi lambang cinta yang abadi dan murni sehingga banyak dipilih oleh calon pasangan pengantin. Selain itu, platinum memang memiliki banyak kelebihan seperti tidak mudah korosi, tidak menyebabkan alergi, warna indah, serta tahan lama. Kelebihan-kelebihannya tersebut membuat platinum menjadi logam yang paling mahal di antara logam-logam cincin lainnya.

Titanium

Logam satu ini memiliki karakteristik yaitu warna gelap dengan bobot yang ringan. Titanium memang bukan golongan logam mulia namun tetap memiliki daya tarik tersendiri. Cincin kawin emas dari titanium cukup menarik, tahan lama, dan yang pasti harganya cukup terjangkau. Akan tetapi beberapa orang bisa mengalami alergi jika menggunakan titanium. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda tidak alergi sebelum memilihnya.

Palladium

Ingin memiliki diamond wedding ring dari bahan platinum namun budget tidak mencukupi? Palladium menjadi alternatif pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Logam ini cukup langka sehingga cukup diminati oleh para calon pengantin. Banyak kelebihan yang dimiliki seperti tidak menimbulkan alergi, tidak mudah pudar, dan ringan. Meskipun harganya lebih terjangkau, palladium ternyata lebih tahan terhadap goresan dibandingkan dengan logam emas atau platinum.

Zirkonium Hitam

Zirkonium hitam merupakan logam selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Berdasarkan berat dan kekuatannya, logam satu ini hampir mirip dengan titanium. Cincin yang dihasilkan oleh kedua logam tersebut juga terbilang cukup mirip. Saat ini zirkonium hitam cukup tren di kalangan milenial. Selain warnanya yang unik, zirkonium hitam juga memiliki resistansi yang baik terhadap korosi dan goresan.

Tungsten Karbida

Tungsten karbida merupakan logam yang masih sangat asing bagi kita. Logam ini memiliki titik lebur yang tinggi sehingga tidak mudah tergores. Selain itu, tungsten karbida juga memiliki kemampuan yang baik dalam mempertahankan bentuknya. Karena hal tersebut, pemotongan logam untuk pembuatan cincin harus menggunakan teknologi laser. Kelebihan cincin dari tungsten karbida yaitu tahan lama, tidak mudah bernoda, tidak mudah berkarat, dan harganya cukup terjangkau.

Itulah beberapa logam yang bisa digunakan untuk menggantikan emas dalam cincin nikah pria. Jika tertarik menggunakan salah satu dari logam-logam di atas, Anda bisa memanfaatkan layanan custom dari Miss Mondial dan Mondial Jeweler. Layanan ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan model cincin kawin terbaru yang belum ada di manapun. Proses pembuatan cincin custom memakan waktu kurang lebih 4-6 minggu. Jadi segera lakukan pemesanan agar cincin milik Anda bisa selesai tepat waktu.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments