Kesehatan anak sangat ditentukan oleh orang tua. Pada usia bayi atau balita anak-anak masih belum dapat memilih makanan sendiri. Oleh sebab itu, orang tua wajib mengetahui bahan-bahan makanan apa saja yang sangat baik diberikan kepada si kecil. Memberikan makanan yang pada masa keemasan ini akan membuat si kecil tumbuh menjadi anak yang sehat & kuat. Selain itu, nutrisi anak yang terpenuhi dengan baik juga akan membantu perkembangan saraf-saraf pada otak sehingga si kecil juga tumbuh menjadi anak cerdas.

7 Rekomendasi Bahan Makan Terbaik Untuk Anak-Anak

Para orang tua harus perhatian dalam memberikan makanan untuk si kecil. Selain memberikan makanan yang disukai oleh si kecil, Moms juga harus mengetahui kandungan nutrisi pada makanan tersebut. Berikut adalah bahan-bahan yang direkomendasikan.

Alpukat

Buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin dan asam lemak omega 3. Buah ini sangat cocok digunakan untuk makanan pendamping ASI karena dapat membantu mengoptimalkan perkembangan otak si kecil.

Buah ini juga mudah dicerna oleh si kecil karena mempunyai tekstur yang lembut. Selain itu. alpukat dapat dikonsumsi langsung atau dikreasikan menjadi jus, smoothie atau dipadukan dengan roti panggang.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang termasuk kedalam golongan superfood. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin dan mineralnya yang sangat banyak. Brokoli sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Selain itu, sayuran ini juga sehat untuk pencernaan karena mengandung serat tinggi. 

Asam folat pada brokoli juga cukup tinggi sehingga akan membantu perkembangan otak anak menjadi lebih baik. Brokoli juga mengandung kalsium yang akan memperkuat tulang dan otot.

Ikan

Ikan merupakan jenis protein hewan yang banyak disarankan untuk anak-anak. Ikan laut mengandung nutrisi yang lengkap dan tinggi dengan lemak omega 3. Rajin memberikan ikan pada si kecil akan membuatnya tumbuh menjadi anak yang cerdas. 

Ikan yang kaya dengan omega 3 diantaranya seperti ikan tenggiri, ikan salmon, teri dan lele. Moms dapat mengolah ikan menjadi menu yang lezat sehingga si kecil pun akan makan dengan lahap.

Buah Beri

Buah beri seperti strawberry, blueberi, mulberry dll terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan ini mempunyai beberapa peran penting dalam kesehatan. Selain dapat meningkatkan kinerja otak, antioksidan juga dapat menyehatkan pencernaan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat mudah untuk didapat karena buah ini merupakan buah sepanjang musim. Buah pisan harganya juga terjangkau sehingga dapat dikonsumsi oleh siapapun. 

Buah ini sangat baik diberikan kepada si kecil karena kandungan gizinya yang lengkap. Pisangan mengandung fosfor, magnesium, kalsium, zat besi serta vitamin K, A, C dan D. Buah ini dapat dikonsumsi langsung atau dibuat menjadi camilan lain.

Ubi

Ubi juga merupakan sumber makanan yang sangat terjangkau. Rasanya yang manis akan membuat makanan ini disukai oleh anak-anak. Ubi dapat meningkatkan kesehatan mata si kecil karena tinggi dengan vitamin A.

Kandungan vitamin pada ubi juga dapat menjaga kesehatan kulit si kecil sehingga tidak kusam dan kering. Selain itu, manfaat lain dari ubi yaitu dapat menyehatkan pencernaan.

Susu

Setelah lepas dari ASI eksklusif, anak-anak tetap harus mendapatkan asupan susu pendamping. Hal ini dikarenakan susu mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat berperan aktif dalam mendukung perkembangan tulang dan otot si kecil.

Demikian ulasan dapat kami sampaikan. Semoga tulisan ini dapat memberikan inspirasi kepada para orang tua untuk memberikan makanan yang sarat gizi pada si kecil.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments