Olahraga merupakan salah satu aktivitas penting yang perlu dilakukan oleh semua orang. Bukan hanya orang dewasa saja, olahraga juga dianjurkan bagi anak-anak. Namun tentu saja intensitas dan jenis olahraga untuk anak-anak dan orang dewasa berbeda. Anak-anak dianjurkan melakukan aktivitas olahraga ringan misalnya melompat, menendang, berlari, dan lain sebagainya. Aktivitas-aktivitas tersebut memberikan banyak manfaat di antaranya yaitu:

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Aktivitas olahraga bisa membantu melancarkan aliran darah yang menuju seluruh tubuh. Dengan begitu, organ vital di dalam tubuh seperti paru-paru dan jantung bisa lebih sehat. Selain itu, aliran darah yang lancar juga membantu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh sehingga anak tidak mudah sakit.

Melatih Kemampuan Koordinasi Mata dan Tangan

Olahraga yang dilakukan bersama pelatih biasanya ada instruksinya. Melalui instruksi tersebut, Si Kecil bisa belajar mengkoordinasikan antara kerja otak dan tubuh. Selain itu, ada beberapa gerakan olahraga yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan tubuh.


Melatih Kemampuan Motorik

Manfaat olahraga selanjutnya yaitu membantu melatih kemampuan motorik, terutama motorik kasar. Saat olahraga, anak akan melakukan banyak aktivitas yang berhubungan dengan motorik. Contohnya yaitu berdiri, duduk, melompat, berlari, menendang, melempar, memanjat, dan lain sebagainya.

Sebagai Sarana Sosialisasi

Olahraga biasanya dilakukan di tempat yang luas seperti tanah lapang, taman, dan lain sebagainya. Di tempat umum tersebut, Si Kecil mungkin akan bertemu dengan anak-anak usianya. Oleh karena itu, olahraga bisa menjadi sarana sosialisasi anak dengan orang-orang baru. Hal tersebut juga berlaku jika Si Kecil olahraga dengan pelatih yang memiliki banyak murid.

Meningkatkan Fungsi Kognitif

Berbagai penelitian membuktikan jika aktivitas olahraga mampu meningkatkan fungsi kognitif anak. Anak yang aktif berolahraga memiliki bagian prefrontal yang lebih aktif. Selain itu, aktivitas fisik seperti olahraga bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi dalam belajar.

Mencegah Obesitas

Olahraga yang rutin dilakukan anak sedari dini bisa meminimalisir risiko obesitas atau kelebihan berat badan. Setidaknya anak membutuhkan aktivitas olahraga sebanyak tiga kali dalam seminggu. Selain itu, optimalkan dengan pola makan yang tepat dan seimbang.

Itulah beberapa manfaat olahraga sehingga penting dilakukan anak di masa tumbuh kembangnya. Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk Wyeth S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD ( Susu Pertumbuhan untuk anak 1 -3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ ╬▒Lipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat. 

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments