Sakit perut adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dialami anak-anak atau balita. Penyebab yang sering terjadi adalah makanan yang kurang higienis atau sering memasukkan mainan ke dalam mulut. Selain itu, sakit perut pada anak juga bisa terjadi karena proses metabolisme yang terganggu. Sebelum memberikan obat-obatan dari toko, sebaiknya Anda mengatasi sakit perut pada anak dengan perawatan rumahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah cara mengatasi sakit perut pada anak dengan perawatan rumahan:

Pastikan Si Kecil Beristirahat

Ketika Si Kecil mengeluh sakit perut, segera minta mereka untuk beristirahat dan tidak melakukan aktivitas-aktivitas melelahkan, termasuk bermain. Pastikan posisi tidur nyaman yaitu tidak boleh berbaring secara tegak lurus. Pasalnya posisi berbaring tersebut bisa membuat asam di perut naik sehingga menyebabkan rasa tidak nyaman. Apabila sakit perut disertai kembung, atur posisinya secara telungkup.

Berikan Air Putih Secara Teratur

Anak yang sakit perut tidak boleh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh sebab itu, Anda perlu memberikan air putih secara teratur. Si Kecil membutuhkan asupan cairan yang cukup agar bisa menyerap dan mencerna makanan dengan baik. Apabila Si Kecil mengalami dehidrasi, proses pencernaannya akan terganggu sehingga rasa sakit yang dialami bisa meningkat.

Pilih Makanan yang Tawar serta Mudah Dicerna

Cara mengatasi sakit perut pada anak selanjutnya yaitu dengan memberikan makanan yang tawar namun tetap mudah dicerna. Beberapa makanan yang direkomendasikan yaitu nasi tim, bubur, pisang, dan pasta dengan sedikit bumbu. Makanan yang memiliki rasa tawar aman bagi anak yang sakit perut karena tidak mengiritasi lambung dan lebih mudah dicerna.

Berikan Camilan yang Bisa Menjadi Obat Sakit Perut Alami

Anak-anak yang mengalami sakit perut tetap membutuhkan asupan nutrisi untuk membantu menyembuhkan rasa sakitnya. Ganti camilan yang biasanya dengan camilan sehat ketika Si kecil sakit perut. Rekomendasi camilan sehat yang bisa Anda pilih adalah yogurt dan buah pepaya. Selain sebagai camilan, yogurt dan buah pepaya juga bermanfaat sebagai obat sakit perut alami. 

Kompres Perut dengan Air Hangat

Kompres merupakan perawatan rumahan yang paling aman dan tanpa efek samping apapun. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan hal ini ketika Si Kecil mengeluh sakit perut. Masukkan air hangat ke dalam botol minum, kemudian bungkus botol tersebut menggunakan kain bersih. Usapkan kompres pada bagian perut Si Kecil secara perlahan. Rasa hangat dari kompres bisa membuat otot perut lebih rileks dan tenang.

Berikan Madu atau teh Herbal

Selain camilan berupa yogurt dan buah pepaya, madu dan teh herbal juga menjadi obat sakit perut alami yang bisa diberikan pada Si Kecil. Anda bisa mencampurkan madu dengan teh herbal seperti teh chamomile atau teh peppermint. Namun sebaiknya madu diberikan pada anak usia 1 tahun ke atas. 

Pijat Area Perut dan Kaki

Perawatan rumahan terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melakukan pijatan di area perut dan refleksi kaki. Pijatan yang dilakukan bisa membuat sirkulasi darah lebih lancar sehingga rasa sakit di perut mereda. Lakukan dengan lembut agar Si Kecil tidak merasa kesakitan.

Itulah cara mengatasi sakit perut pada anak yang bisa Anda lakukan. Nutricia Professional menghadirkan banyak ilmu baru yang bisa dipelajari oleh para profesional. Nutricia Professional sendiri adalah sebuah platform yang dikhususkan bagi para profesional di bidang pediatri dan nutrisi anak. Melalui platform ini, Anda bisa belajar dan berdiskusi dengan para profesional lainnya. Tersedia empat fitur utama yang bisa dimanfaatkan yaitu E-Module, Web Seminar, Event Calendar, dan Expert’s Podcast. Kunjungi www.nutriciaprofessional.id untuk bergabung dengan para profesional.




Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments