Perhiasan berlian merupakan barang mewah yang bisa menjadi sejarah hidup bagi seseorang. Semua orang pasti tahu jika perhiasan berlian memiliki harga yang sangat tinggi. Tidak sedikit wanita yang harus menabung untuk bisa mendapatkan perhiasan berlian mewah impiannya. Ada banyak sekali perhiasan dan toko perhiasan yang bisa mewujudkan mimpi Anda untuk memiliki perhiasan mewah. Namun sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut agar Anda mendapatkan perhiasan terbaik yang tepat:

Asahan atau Cutting

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat membeli perhiasan berlian adalah asahan atau cutting. Sebuah berlian bisa kehilangan nilainya karena asahannya yang tidak tepat dan presisi. Bahkan berlian yang besar pun bisa kehilangan nilainya. Asahan dengan kualitas yang paling baik untuk berlian adalah excellent cut. Asahan tersebut mampu membuat berlian memantulkan cahaya dengan baik.

Berat Karat atau Carat Weight

Perhiasan berlian asli memiliki berat karat atau carat weight. Namun berat karat ini berbeda dengan karat pada emas. Satu karat berlian dinilai dengan 200 gram. Ada beberapa hal yang memengaruhi berat karat. Jadi berlian dengan besar atau ukuran yang sama belum tentu memiliki berat karat yang sama.

Kejernihan atau Clarity

Kejernihan atau clarity berhubungan dengan ada tidaknya tanda cacat dalam berlian. Perhiasan berlian yang mewah biasanya memiliki kejernihan yang sempurna. Semakin jernih suatu berlian, maka nilainya juga akan semakin tinggi. Jangan lupa tanyakan kepada penjual berlian apakah perhiasan yang Anda beli mengalami proses untuk meningkatkan kejernihannya.

Warna atau Color

Kebanyakan berlian yang dijual di pasaran saat ini adalah berlian berwarna bening. Pada berlian bening, semakin jernih warnanya maka nilainya akan semakin tinggi. Berdasarkan penilaian GIA (Gemological Institute of America), warna berlian dinilai dengan huruf D-Z. Huruf D adalah berlian terbaik, sedangkan huruf Z adalah berlian paling keruh. Namun hal tersebut tidak berlaku pada berlian berwarna seperti pink, kuning, hijau, dan lain sebagainya.

Bentuk Berlian

Bentuk berlian ternyata juga menjadi hal penting yang perlu Anda perhatikan. Ada cukup banyak bentuk berlian yang bisa Anda temukan di pasaran. Salah satu bentuk berlian yang paling sering digunakan untuk membuat perhiasan berlian adalah round cut. Bentuk berlian ini populer karena pantulannya yang sangat cemerlang. Selain round cut, beberapa bentuk berlian lain yaitu oval cut, emerald cut, princess cut, cushion cut, dan lain sebagainya.

Asal Berlian

Ada dua jenis berlian yang ada di pasaran yaitu berlian alami dan sintetis. Berlian asli adalah berlian alami yang berasal dari proses yang terjadi di kerak Bumi. Sementara berlian sintetis adalah berlian imitasi yang dibuat di sebuah laboratorium.

Sumber Berlian

Selain asal berlian, Anda juga perlu mengetahui sumber berlian. Sumber berlian adalah tempat ditemukannya berlian. Anda bisa bertanya kepada penjual dari mana sumber berlian yang akan Anda beli. 

Sertifikat Berlian

Perhiasan berlian asli pasti memiliki sertifikat sebagai jaminan keaslian. Sebaiknya hindari perhiasan yang tidak memberikan sertifikat. Banyak fungsi dari sertifikat mulai dari jaminan keaslian, menampilkan spesifikasi perhiasan, dan lain sebagainya. Kebanyakan perhiasan di Indonesia menggunakan sertifikat GIA.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat berniat membeli perhiasan berlian mewah. Satu hal lain yang tidak boleh dilupakan yaitu memiliki toko perhiasan terpercaya seperti Mondial Jeweler. Brand yang terbangung dalam CMK Club ini menawarkan banyak sekali perhiasan mulai dari cincin, gelang, kalung, liontin, anting, dan masih banyak yang lainnya. Sebelum membeli, Anda bisa melihat koleksi perhiasan Mondial Jeweler di www.mondialjeweler.com


Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments