Semakin banyaknya yang menyukai perhiasan cincin berlian bagi sebagian orang dimanfaatkan dengan membuat tiruan yang mirip atau palsu. Untuk mereka yang sudah mengenali bagaimana ciri-ciri dari perhiasan berlian asli mungkin tidak terlalu menjadi masalah, akan tetapi bagi yang baru akan membeli perhiasan seperti cincin berlian tentunya bisa menjadi masalah. Terlebih lagi untuk mendapatkan cincin berlian asli wanita dengan berbagai model atau desain yang terus berkembang.

Sekarang ini untuk pilihan cincin berlian asli bagi para wanita sendiri tidak hanya dijadikan sebagai perhiasan untuk tampilan saat menghadiri acara resmi atau formal, tetapi juga banyak yang menjadikannya sebagai cincin engagement atau pertunangan. Ini karena model dan desain dari cincin berlian sendiri yang menampilkan kesan elegan dan mewah sehingga sangat cocok dijadikan sebagai perhiasan wajib dalam pertunangan atau pun pernikahan.



Cara Mengetahui Cincin Berlian Asli

Secara sekilas untuk membedakan mana berlian yang asli dan palsu memang cukup sulit untuk dibedakan, terlebih jika ada tawaran harga yang murah untuk harga perhiasan seperti cincin berlian tentunya akan langsung dibeli tanpa terlebih dahulu memperhatikan asli tidaknya. Padahal cincin berlian yang asli tidak mungkin dijual dengan harga jauh dibawah harga pasaran karena melihat kualitasnya yang terbaik

Untuk bisa mengetahui mana yang asli dan palsu sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara mudah seperti dengan teknik embun dan menggunakan kaca pembesar untuk melihat hasilnya. Selain itu untuk lebih jelasnya dalam mendapatkan yang asli dan berkualitas maka lakukan pengujian dengan standar 4C. Kualitas terbaik atau tidak dari suatu perhiasan berlian dapat diketahui dengan standar ini, lalu bagaimana cara melakukannya?  Berikut ini penjelasannya.

  1. Cut (potongan pada berlian). Bagaimana potongan pada berlian akan menentukan pantulan kilau cahayanya, sehingga potongan terbaik dan proporsional adalah berlian yang berkualitas. Untuk potongan berlian sendiri ada berbagai macam seperti bentuk kotak, oval, bundar, dan yang lainnya. Dengan potongan terbaik bisa membuat harga dari suatu berlian menjadi semakin tinggi.

  2. Clarity (kejernihan). Kejernihan disini maksudnya yaitu ada tidaknya kecacatan pada berlian tersebut. Cacat disini bisa berupa noda atau goresan pada berlian sehingga membuat kilaunya menjadi terganggu bahkan semakin redup. Nilai untuk kejernihan pada berlian sendiri bisa dihitung dalam beberapa skala yaitu flawless dan internal flawless, VS1 dan Vs2, VVS1 dan VVS2. Adanya skala pada berlian ini dikeluarkan oleh lembaga resmi seperti GIA (Gemological Institute of America). Semakin jernih suatu berlian maka nilai harganya bisa semakin mahal.

  3. Color (warna). Warna terbaik pada berlian adalah berlian yang tanpa memiliki warna, adanya warna biasanya muncul karena berbagai hal seperti radiasi, suhu tinggi, dan juga tekanan yang tinggi. Adanya pengaruh ini membuat warna berlian bisa bervariasi seperti putih sampai kuning. Untuk mengetahui warnanya sendiri biasanya menggunakan skala D-Z, yaitu skala D untuk warna terbaik yaitu bening dan Z sangat buruk dengan warna kekuningan atau kecoklatan. 

  4. Carat (berat berlian). Bagaimana berat dari suatu berlian ditentukan dari besaran karatnya, 1 karat pada berlian ini sama dengan 200 gr dan meskipun karat nya besar maka untuk kualitasnya belum tentu yang terbaik karena masih terpengaruh dengan standar yang lain. Walaupun begitu karat untuk berlian ini juga turut berpengaruh pada nilai harga berlian. Berlian dengan kualitas terbaik dan memiliki karat yang besar tentu saja harganya juga semakin mahal.

Bagi anda yang ingin mendapatkan kualitas terbaik untuk pilihan cincin berlian maka supaya lebih tenang dalam berbelanja kunjungi saja Miss Mondial & Mondial. Di Miss Mondial menyediakan berbagai koleksi perhiasan berlian seperti cincin, kalung, gelang, anting, liontin, dan yang lainnya. Semuanya tersedia dengan kualitas berlian terbaik dan terjamin keasliannya.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments