Tentunya banyak orang tua yang ingin anaknya bisa tumbuh tinggi secara optimal. Hal ini dikarenakan banyak orang yang meyakini bahwa tinggi badan bisa berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri anak. Meskipun faktor utama yang mempengaruhi tinggi bbadan adalah faktor genetic, ada juga faktor eksternalnya. Misalnya nutrisi, hormon,  aktivitas, dan kondisi medis. Nah, Anda harus tahu bahwasannya banyak makanan nutrisi tinggi yang bisa membantu menambah tinggi badan anak. 

Lantas apa saja nutrisi agar tinggi badan optimal? Yuk simak penjelasannya berikut ini. 

Nutrisi  agar tinggi badan optimal



Protein 

Protein menjadi salah satu faktor yang paling penting untuk meningkatkan tinggi badan anak. Protein berfungsi untuk membangun, mengembangkan, dan juga memelihara otot serta jaringan dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan protein, tubuh akan mengalami pertumbuhan yang terhambat atau tidak normal karena massa otot yang rendah. Oleh karena itu, Anda harus senantiasa memastikan anak-anak mengkonsumsi makanan yang cukup protein. 

Mineral

Dalam makanan terdapat beberapa mineral tertentu yang sangat bermanfaat untuk menunjang tumbuh kembang anak dari segi tinggi badan. Makanan dengan kandungan mineral seperti zat besi, fosfor, magnesium, yodium, mangan, dan juga fluoride dapat meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak dan juga remaja. 

Selain itu, kalsium dan mineral lain sangat penting karena bisa membuat tulang menjadi lebih kuat. 

Vitamin

Tentu saja kita tahu bahwa vitamin D berperan aktif dalam membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Apabila tubuh kekurangan vitamin D, maka tidak hanya dapat meneybabkan tulang lemah dan pertumbuhan terhambat, tetapi juga dapat berdampak negatif pada tinggi badan. 

Selain itu, makanan nutrisi tinggi, khususnya vitamin dapat menjaga imunitas tubuh anak. Beberapa vitamin penting lainnya yaitu vitamin A, B1, B2, C, F, serta asam askorbat. Sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin sangat penting dalam pola makan yang sehat serta seimbang. 

Karbohidrat

Biasanya karbohidrat dianggap berbahaya, namun jangan salah karena karbohidrat sangat penting bagi anak. Karbohidrat memainkan peran memberi energi pada tubuh. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa anak mengkonsumsi makanan yang memiliki asupan karbohidrat cukup setiap harinya. 

Karbohidrat yang dikonsumsi anak bisa terdiri dari biji-bijian seperti gandum atau sereal. Seperti karbohidrat dari tepung olahan seperti pizza dan burger kurang baik bagi pertumbuhan anak. 

Asam lemak 

Selain karbohidrat, protein, vitamin, dan juga mineral, anak-anak juga membutuhkan asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam jumlah yang disarankan. Jika sesuai dengan kebutuhannya, maka makanan dengan kandungan asam lemak dapat membantu proses pertumbuhan yang optimal bagi anak. 

Makanan penambah tinggi badan

Adapun beberapa makanan peninggi badan, diantaranya yaitu produk susu, telur, ayam, kedelai, pisang, kacang-kacangan dan biji-bijian, sayuran berdaun hijau, buah-buahan, ikan, wortel, biji-bijian utuh, serta daging merah. 

Beberapa produk susu, seperti susu, keju, dan yoghurt kaya akan mineral dan vitamin misalnya kalsium dan vitamin A, B, D, dan E. sselain telur dan biji-bijian, susu juga menjadi salah satu sumber protein yang penting bagi tubuh. Selain itu, ada juga makanan tinggi protein lain seperti daging ayam dan ikan. 

Sayur-sayuran dan juga buah-buahan juga sangat penting bagi tubuh. Hal ini disebabkan karena sayur dan buah kaya akan mineral penting dan juga vitamin. Selan baik untuk pertumbuhan, asupan ini sangat penting bagi imunitas serta sistem pencernaan tubuh. 

Nah, itulah beberapa nutrisi dan makanan yang bisa menambah tinggi badan. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, ibu bisa memberinya produk dari Nutricia. 

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments