Kemampuan bahasa adalah kemampuan yang akan digunakan Si Kecil untuk berkomunikasi dengan orang lain. Jadi kemampuan ini sangat penting seperti kemampuan motorik ataupun kognitif. Biasanya anak-anak sudah belajar berbahasa sejak kecil, namun perkembangan setiap anak berbeda-beda. Salah satu faktor yang membedakan perkembangan bahasa anak adalah stimulasi yang diberikan. Manfaat stimulasi yaitu untuk merangsang kemampuan anak agar optimal. Berikut ini beberapa stimulasi yang bisa diberikan untuk mengembangkan bahasa anak:

Sering Mengajak Anak Berbicara

Sering-sering mengajak Si Kecil bicara bisa meningkatkan kemampuan berbahasanya. Ada banyak hal yang bisa menjadi topik pembicaraan antara Anda dan Si Kecil. Contohnya yaitu membicarakan mengenai makanan, mainan, teman, dan lain sebagainya. 

Meningkatkan Kosa Kata

Semakin banyak kosa kata yang dikuasai Si Kecil maka kemampuan berbahasanya akan semakin baik. Anda sebagai orang tua yang berperan penting dalam meningkatkan kosa kata anak. Selalu ajarkan pada Si Kecil kosa kata baru setiap hari. Misalnya bentuk, warna, karakteristik, benda, dan lain sebagainya.

Menggunakan Bantuan Visual

Gunakan bantuan visual untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini. Sebagai contoh Anda bisa menggunakan buku atau foto saat berbicara dengan anak. Mereka akan lebih mudah mengerti ketika melihat visualisasi secara langsung.

Bercerita dan Mendongeng

Bercerita dan mendongeng memang memberikan banyak manfaat untuk perkembangan anak, salah satunya yaitu perkembangan bahasa. Biasanya saat bercerita atau mendongeng, Anda akan membuat gerakan, intonasi suara, atau hal-hal lain secara mendetail. Apa yang Anda lakukan akan lebih mudah tertangkap dengan cara seperti itu. Jangan lupa minta Si Kecil untuk menceritakan kembali isi cerita atau dongeng yang telah dibacakan.

Mengajak Anak Meniru Pelafalan Kata

Stimulasi terakhir bisa dilakukan saat Si Kecil masih belajar berucap. Anda bisa mengucapkan kata tertentu, kemudian minta Si Kecil melafalkannya. Usahakan fokus pada Si Kecil ketika mereka ingin berbicara. Selain itu, Anda harus membenarkan apabila pelafalan Si Kecil salah.

Itulah beberapa stimulasi untuk perkembangan bahasa anak usia dini. Selain stimulasi, pastikan juga Si Kecil mendapatkan nutrisi lengkap dan seimbang dari makanan sehari-hari. Maksimalkan pemberian nutrisi dengan susu Nestle Dancow Nutritods untuk anak 1 tahun ke atas. Pilih susu Dancow Nutritods sesuai tahapan usia anak.


Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments