Liontin merupakan gantungan yang menghiasi atau mempercantik tampilan sebuah kalung. Berbeda dengan jaman dulu, liontin berlian modern kini dijual terpisah dari rantainya. Jadi Anda memiliki kesempatan untuk memilih sendiri jenis rantai yang diinginkan. Pasalnya ada cukup banyak jenis rantai dengan desain yang berbeda sehingga bisa disesuaikan selera Anda.

Memiliki banyak pilihan rantai kalung memang cukup menyenangkan, namun juga cukup membingungkan. Tips memilih rantai kalung yaitu memperhatikan tone warna yang sama dengan liontin dan memastikan bahwa rantai mampu menopang berat liontin. Sedangkan untuk modelnya sendiri, berikut ada beberapa pilihannya:



Rantai Cable

Jenis rantai pertama adalah jenis rantai yang paling populer dan paling banyak disukai oleh para wanita. Istilah cable sendiri berasal dari bahasa latin Perancis yaitu capitulum (tali) dan ceper (mengambil). Rantai ini termasuk rantai klasik dengan bentuk oval yang memiliki ukuran kecil, sedang, hingga besar.

Rantai Rolo

Ciri khas rantai kalung rolo yaitu bentuknya bulat atau lingkaran. Kemudian setiap lingkaran akan terkait dengan lingkaran lainnya sehingga membentuk rantai yang bisa digunakan untuk menopang liontin berlian. Sekilas rantai rolo terlihat mirip dengan rantai sebelumnya yaitu cable. Akan tetapi desain dari rolo terlihat lebih kompleks jika dibandingkan cable.

Rantai Curb

Rantai curb juga masih termasuk ke dalam rantai klasik seperti rolo dan cable. Istilah curb diambil dari Bahasa Inggris yang artinya potongan kayu. Ciri khas utama rantai curb adalah bentuknya yang melengkung. Pada bagian pengait, desainnya dibuat gepeng atau pipih. Rantai satu ini juga termasuk rantai yang populer dan disukai wanita.

Ratai Figaro

Bidang fashion juga selalu melakukan perkembangan hingga menghadirkan tren-tren terbaru. Rantai figaro sendiri adalah pengembangan atau modifikasi dari rantai curb. Perbedaannya ada pada bagian pengait yang dibentuk dengan ukuran berbeda-beda. Istilah figaro sendiri didapatkan dari Bahasa Italia.

Rantai Omega

Istilah omega diambil dari Bahasa Yunani yang memiliki arti besar. Bagian rantai atau plat dibuat dengan tekstur yang berkerut dan datar. Dibandingkan dengan rantai lainnya, rantai omega sedikit lebih kaku. Hal tersebut malah yang membuat rantai ini terlihat unik. Liontin berukuran besar cocok dengan rantai ini.

Rantai Bead

Rantai bead ini memiliki ciri khas seperti bola-bola dengan pengait kecil seperti garis. Bukan hanya kalung saja, rantai bead juga sering digunakan pada gelang. Karena sudah berbentuk bulat-bulatan, jarang ada wanita yang memilih rantai bead untuk liontin berlian mereka.

Rantai Popcorn

Namanya sangat unik bukan? Tekstur dari rantai satu ini terbilang cukup ringan. Ciri khasnya yaitu bentuk seperti manik-manik dengan pengait yang cembung. Tampilannya menggelembung seperti popcorn. Karena hal tersebut, rantai ini dinamakan dengan rantai popcorn. Liontin yang simple cocok dengan rantai ini karena bentuknya sudah menarik perhatian.

Rantai Snake

Rantai snake juga memiliki pola yang unik karena terlihat seperti model zigzag. Akan tetapi tampilannya lembut sehingga cocok untuk liontin berukuran besar. Jenis pengaitnya sama seperti pengait rantai pada umumnya dengan desain yang sedikit tebal agar kuat.

Itulah macam-macam rantai kalung yang bisa digunakan untuk liontin berlian modern. Jika menginginkan rantai yang unik, maka Anda juga harus memilih liontin yang unik. Mondial Jeweler menawarkan koleksi liontin unik yaitu Volare dari Fantasy Collection. Keunikannya yaitu karena berdesain 3D dan dapat dijadikan bros. Bentuknya sendiri terinspirasi dari binatang terbang atau flying animals. Lebih jelasnya mengenai Volare dari Mondial Jeweler bisa dilihat di www.mondialjeweler.com


Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments