Apakah Anda tahu jika alat musik memiliki aksesorisnya sendiri? Betul, sebagai contoh ada alat musik berupa Gitar Akustik yang punya beragam aksesoris, mulai dari yang sederhana hingga yang mahal. Sebagian aksesoris gitar tersebut bisa berdampak pada suara yang dihasilkannya, sedangkan yang lain hanya sekadar hiasan saja. Untuk tahu lebih jelasnya, silakan baca artikel ini.

Apa Itu Aksesoris Gitar?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, aksesoris adalah suatu benda yang sifatnya melengkapi atau menambah fungsi benda lain. Benda penambah tersebut boleh sekadar mempercantik estetika atau penampilan benda yang dia tambahkan itu, atau bisa juga meningkatkan kinerjanya.

Dari definisi tersebut, kesimpulannya ialah aksesoris gitar merupakan barang-barang penambah yang sifatnya mempercantik gitar atau meningkatkan performanya. Benda tersebut bisa berdampak secara langsung pada performa gitar ketika Anda memainkannya maupun tidak langsung, tergantung penggunaannya.

Macam-Macam Aksesoris Gitar

Sekarang setelah Anda mengetahui pengertian dari aksesoris gitar, berikutnya ialah daftar benda penambah yang sekiranya bermanfaat untuk gitar Anda. Inilah contoh-contohnya:

1. Strap Gitar

Mengingat alat musik ini mempunyai beban yang cukup berat, rata-rata pemain gitar harus memainkan alat musiknya sambil duduk. Nah, ada aksesoris yang bernama strap atau gantungan pundak. Dia dapat membantu Anda memainkan gitar sambil berdiri tanpa susah payah memegangi gitarnya.

2. Tas Jinjing Gitar

Ada lagi aksesoris gitar bagi Anda pemain gitar yang suka bepergian, yaitu tas jinjing. Tas ini terbagi ke dalam dua jenis. Tas jinjing pertama terbuat dari kayu berpelitur dengan kisaran harga 570 ribu hingga 735 ribu rupiah. Jenis tas kedua terbuat dari bahan yang mirip parasut sehingga tahan air, dengan harga 130 ribu hingga 170 ribu rupiah.

3. Metronome

Aksesoris gitar yang satu ini berfungsi mengukur tempo alat musik dengan menciptakan bunyi tone atau ketukan. Dia bukan hanya untuk gitar saja, melainkan juga untuk mengukur tempo semua jenis alat musik seperti bass, drum, atau piano. Anda dapat mengukur panjang atau pendeknya nada yang Anda mainkan pada gitar melalui alat ini.

4. Fingerpick

Senar pada sebuah gitar mungkin saja membuat jari Anda terasa sakit seperti terkena silet. Demi mengurangi ketidaknyamanan tersebut, ada aksesoris yang namanya fingerpick berbentuk hati atau segitiga. Fingerpick ini berfungsi menggantikan jari Anda saat memetik senar gitar.

5. Pembersih Senar

Kadang-kadang senar atau string gitar menghasilkan bunyi yang terdengar tumpul. Hal ini disebabkan oleh minyak yang mengendap di senar tersebut. Jika terjadi hal demikian, Anda disarankan untuk melumasi senar gitar menggunakan cairan pembersih.

Demikian macam-macam aksesoris gitar untuk Anda yang menggemari alat musik ini. Bagaimana, apakah Anda sudah menentukan aksesoris seperti apa yang akan Anda tambahkan pada alat musik Anda?.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments