Apakah Boleh Menjual Cincin Kawin Emas? - V&CO Jewellery News

Memilih cincin tunangan tentunya harus dipilihkan yang terbaik mengingat maknanya yang begitu dalam. Dan salah satu yang banyak direkomendasikan adalah cincin untuk acara tunangan yang terbuat dari berlian. 

Kalaupun Anda ingin berencana untuk membeli cincin berlian ini, maka bisa membaca artikel ini sampai selesai. 

Cara memilih cincin berlian untuk tunangan

Adapun berbagai cara terbaik perihal memilih cincin tunangan yang terbuat dari berlian ini, bisa Anda simak ulasannya sebagai berikut: 

Pilih warna berlian yang sesuai keinginan

Faktor warna atau color pada sebuah berlian ini, sejatinya perlu Anda perhatikan agar bisa mendapatkan cincin berlian yang berkualitas baik. Adapun tingkatan warna berlian ini bisa dikenali dari yang terbaik sampai terendah, dengan melihat dari warna putih sampai kuning terang yang ditampilkan. 

Namun di luar warna normal dari berlian tersebut, masih ada alternatif warna berlian lain yang bisa Anda pilih. Diantaranya ada pilihan warna biru, hijau, oranye, merah muda, dan juga warna coklat yang termasuk kedalam kategori fancy diamond. 

Semakin bening tampilan yang ditunjukan oleh berlian ini, maka secara otomatis akan mempengaruhi kualitas serta harga jualnya. Jadi tinggal disesuaikan dengan selera Anda beserta pasangan, untuk memilih cincin tunangan terbaik yang akan dipakai nanti.  

Perhatikan potongan berliannya

Selain warna, faktor potongan atau Cut pada berlian juga tidak boleh Anda abaikan begitu saja ketika membeli sebuah cincin yang terbuat dari berlian ini. Sebab potongan berlian ini sendiri, akan sangat berpengaruh pada kilau yang dipancarkannya. 

Yang mana berlian dengan proporsi potongan yang baik, akan mampu menampilkan kilau berlian yang begitu cemerlang. Lain halnya jika potongan dalam sebuah berlian ini dipotong terlalu pendek atau terlalu dalam, maka cahaya pantul pada berlian ini akan kurang baik bahkan bisa sama sekali kehilangan cahaya pantulnya. 

Cut dalam berlian ini bisa dikenali dari tingkatan terbaik sampai terendahnya dengan melihat kategori cutnya itu sendiri. Adapun skala pengukuran cut pada berlian ini bisa dilihat dalam skala pengukuran signature ideal, ideal, very good, good dan juga fair. 

Kejernihan berlian harus dilihat secara seksama

Faktor kejernihan atau clarity pada sebuah perhiasan berlian juga tidak luput untuk Anda jadikan perhatian ketika akan membeli sebuah cincin berlian. Pasalnya kejernihan dari berlian ini, juga akan secara otomatis mempengaruhi nilai jual dari suatu berlian itu sendiri. 

Kejernihan dalam berlian ini, sejatinya bisa Anda ukur berdasarkan beberapa hal seperti diantaranya jumlah mineral pencemar, ukuran pencemar, warna pencemar, jenis mineral pencemar, lokasi pencemar dan lain sebagainya. 

GIA sendiri, akan memberikan sebuah kelengkapan sertifikat yang berkaitan dengan kejernihan yang terdapat pada berlian ini. Untuk tingkatan terbaik sampai terendah bisa diklasifikasikan mulai dari urutan Flawless, Internal Flawless, VVS1, VVS2, VS1, sampai yang terakhir yakni VS2. 

Perhatikan juga carat pada sebuah berlian 

Sama seperti halnya emas, faktor yang membuat tinggi atau rendahnya perhiasan berlian ini bisa dilihat dari jumlah karat yang dimiliki. Yang mana carat dalam sebuah berlian ini akan menentukan tingkat kemurnian, sekaligus menentukan jumlah carat yang dimiliki dengan melihat dari beratnya bukan dari volumenya. 

Dengan demikian tidak heran jika ada berlian dengan ukuran yang kecil, yang dijual lebih mahal daripada berlian yang ukurannya besar. 

Kesimpulan memilih cincin berlian

Setelah melihat beberapa pertimbangan terkait memilih cincin berlian untuk acara pertunangan diatas, maka penting juga untuk melakukan pembelian cincin berlian ini hanyalah di toko perhiasan yang sudah terpercaya seperti misalnya di The Palace. 

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments