Cincin sudah dijadikan sebagai lambang ikatan cinta abadi sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Sedangkan penggunaan cincin kawin sudah menjadi tradisi dari zaman Romawi Kuno. Karena memiliki makna yang dalam untuk pernikahan, aturan dan cara menggunakan cincin kawin berbeda dengan cincin lainnya. Contohnya yaitu dipakai di jari mana, batu mulia yang digunakan apa, dan lain sebagainya. Sebagai tambahan pengetahuan, berikut ini adalah beberapa hal penting mengenai cincin kawin model terbaru yang perlu Anda ketahui:

Letak Cincin Kawin

Hal penting pertama yang perlu dibahas adalah mengenai letak cincin kawin. Sebagian besar pasangan menggunakan cincin kawin di jari manis. Namun penggunaannya tersebut tidak hanya ikut-ikutan saja. Ada makna di balik penggunaan cincin kawin di jari manis.

Cincin kawin pertama kali digunakan di zaman Romawi sehingga tradisi yang ditiru tidak jauh-jauh dari bangsa Romawi dan Mesir Kuno. Menurut kepercayaan Romawi Kuno, jari manis memiliki pembuluh darah cinta yaitu pembuluh darah yang langsung ke jantung. Pembuluh darah cinta tersebut juga dikenal dengan istilah vena amoris.

Meskipun seiring waktu mitos tersebut terbantahkan, namun tradisi mengenakan cincin kawin di jari manis masih dilakukan sampai sekarang.  Sedangkan tangan kiri atau kanan yang dipasangi cincin kawin bisa disesuaikan tradisi negaranya.

Di Indonesia, cincin kawin digunakan di jari manis tangan kanan dan cincin tunangan di tangan kiri. Sedangkan negara Barat menggunakan cincin kawin di tangan kiri. Intinya aturan tersebut bukan aturan wajib yang harus diikuti oleh semua pasangan.

Berat Ideal Cincin Kawin

Sebagian besar pasangan memilih cincin kawin model terbaru berdesain simple. Hal tersebut karena cincin kawin akan digunakan setiap hari, jadi harus nyaman dipakai. Sebenarnya tidak ada patokan berapa berat ideal cincin kawin. Namun karena digunakan setiap hari, sebaiknya jangan memilih cincin kawin yang terlalu berat. Adapun berat idealnya yaitu 3-5 gram. 

Cincin Kawin Couple

Apakah cincin kawin haru couple atau sepasang? Pertanyaan tersebut kadang sering ditanyakan oleh pasangan yang sedang mencari cincin kawin. Di zaman dulu, cincin kawin pada umumnya sepasang agar serasi. Akan tetapi karena perkembangan zaman tradisi tersebut juga berganti. 

Sekarang cincin kawin tidak harus couple atau sepasang. Wanita saja yang menggunakan cincin kawin juga tidak menjadi masalah. Hal tersebut tergantung dari keinginan Anda dan pasangan. Jika pasangan ingin menggunakan cincin, Anda bisa memilih cincin yang maskulin.

Budget

Mempersiapkan pernikahan membutuhkan budget yang banyak. Pasalnya ada banyak hal yang harus diurus, bukan hanya cincin kawin saja. Sebelum mempersiapkan budget, sebaiknya Anda mengetahui hal-hal yang berpengaruh pada harga cincin kawin. Adapun hal yang berpengaruh adalah kadar karat emas, kualitas berlian, model cincin, dan tempat membeli.

Sentuhan Personal yang Berkesan

Cincin kawin yang Anda pilih akan semakin berkesan apabila menambahkan sentuhan personal. Sentuhan personal ini juga yang membuat cincin kawin Anda berbeda dari yang lain. Contoh sentuhan personal yang bisa ditambahkan adalah engraving berupa nama pasangan, nama Anda, tanggal pernikahan, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa hal penting yang harus Anda ketahui mengenai cincin kawin. Sedang mencari cincin kawin model terbaru yang menarik? The Palace menawarkan untuk Anda. Ada banyak sekali model dan desain yang cocok untuk pernikahan Anda. 

Contohnya adalah cincin koleksi Moela yang berdesain simple dengan harga terjangkau. Selain itu, ada cincin koleksi Kekaseh yang terinspirasi dari batik nasional sehingga terkesan etnik. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai cincin Moela dan Kekaseh melalui website www.thepalacejeweler.com. 

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments