Dewasa ini ada cukup banyak metode transfer yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah proses pengiriman uang yang Anda lakukan. Salah satu yang paling banyak digunakan saat ini yaitu BI FAST yang merupakan sebuah fasilitas untuk pembayaran.

Nah, di artikel ini kami akan coba menjelaskan apa saja kelebihan menggunakan sistem pembayaran yang satu ini bagi Anda yang sedang mencari metode pembayaran yang paling tepat dan ideal untuk kebutuhan Anda.

Mengenal Apa Itu BI-FAST?

Layanan pembayaran ini merupakan sebuah infrastruktur sistem pembayaran ritel nasional yang bisa memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time,aman, efisien dan juga bisa Anda gunakan kapan saja.

Layanan pembayaran ini dikembangkan langsung oleh Bank Indonesia. Tujuannya yaitu untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang ingin mentransfer dana mereka agar menjadi lebih mudah dan juga efisien karena bisa dilakukan secara real-time.

Seperti yang kita ketahui, ketersediaan layanan SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia) belum memenuhi kebutuhan masyarakat sepenuhnya. Hal ini karena dibatasi oleh waktu layanan.

Layanan ini akan membantu meningkatkan kenyamanan masyarakat saat bertransaksi secara non tunai. Selain itu, sistem ini diharapkan bisa memperkuat ketahanan sistem pembayaran ritel nasional.

Manfaat Untuk Masyarakat

Apa saja manfaat dari layanan pembayaran ini? Pada dasarnya manfaatnya sangat besar.  Selain untuk masyarakat, juga bermanfaat untuk berbagai bidang industri yang menggunakan sistem pembayaran non tunai.

Di sisi lain, layanannya juga sudah sangat lengkap sekali karena bisa melayani berbagai instrumen dan juga kanal pembayaran. Selain itu juga sangat efisien dan juga menggunakan proxy address sebagai alternatif nomor rekening.

Kapan Layanan ini Bisa Digunakan?

Layanan ini sudah diimplementasikan secara bertahap mulai dari Desember tahun 2021. Prioritas awal adalah transfer kredit individua. Selanjutnya mulai dilakukan secara bertahap pada tahun 2022.

Layanannya sendiri semakin berkembang dan bisa digunakan untuk transfer debit, bulk credit dan request for payment.

Keuntungan Menggunakan Transfer BI-FAST

Berikut ini kami punya sejumlah keuntungan yang bisa Anda jadikan sebagai informasi untuk mengetahui apa saja keuntungan menggunakan layanan yangsaktu ini:

1.  Bebas Biaya Transfer

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan adalah tidak memerlukan biaya transfer ke bank lain. Terutama jika Anda menggunakan aplikasi SimobiPlus yang merupakan aplikasi m-banking dari Bank Sinarmas.

Bebas transfer ini akan menjadi salah satu keuntungan yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan untuk menghemat biaya pengiriman uang non tunai.

2.  Bisa Digunakan Kapan Saja

Layanan pembayaran ini beroperasi 24 jam setiap hari. Anda bisa menggunakannya kapan saja sesuai dengan kebutuhan. Itulah kenapa, layanan pembayaran ini sangat cocok untuk masyarakat biasa maupun untuk kebutuhan bisnis industri.

3.  Proses Pengiriman Uang Cepat

Pengiriman uang bisa langsung sampai ke tujuan dengan mudah dan juga cepat. Anda bisa langsung mengirim dan orang yang Anda kirim uang bisa langsung menerimanya.

4.  Mudah Diproses

Anda bisa menggunakan nomor handphone maupun email sebagai pengganti nomor rekening. Itulah kenapa prosesnya menjadi lebih mudah. Anda bisa melakukan proses pembayarannya

5.  Proses Terjamin Keamanannya

Keamanan pun terjamin karena sistem ini dibangun langsung oleh Bank Indonesia. Sistemnya sangat canggih dan bisa mendeteksi maupun mencegah potensi penipuan. Inilah yang membuatnya semakin menguntungkan bagi kebutuhan Anda.

Demikian penjelasan seputar apa itu BI FAST dan keuntungannya untuk proses pembayaran non tunai. Bagaimana, tertarik untuk menggunakannya? Kini Anda bisa langsung menggunakannya di aplikasi SimobiPlus.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments