Ketika membutuhkan dana, sebagian besar orang memilih untuk mengajukan pinjaman di bank atau lembaga pembiayaan. Pasalnya pinjaman tunai dari lembaga pembiayaan bisa cair dengan cepat. Selain itu, nilai pinjaman juga tinggi sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan. Namun agar Anda tidak keberatan nantinya, pastikan memperhatikan hal-hal berikut sebelum mengajukan pinjaman:

Kredibilitas Lembaga Pembiayaan

Langkah awal tentu saja mencari lembaga pembiayaan yang kredibel dan terpercaya. Jangan sembarangan memilih lembaga pembiayaan, apalagi yang pengajuannya secara online. Lembaga pembiayaan yang kredibel dan terpercaya sudah terdaftar di OJK. Anda bisa mengeceknya di website ojk.go.id. 

Syarat dan Ketentuan

Setiap produk memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Ada produk yang harus menggunakan jaminan (Kredit Multiguna), ada juga produk yang tidak membutuhkan jaminan (Kredit Tanpa Agunan atau KTA). KTA biasanya memiliki plafon yang terbatas karena tidak ada jaminan.



Suku Bunga dan Denda

Suku bunga pinjaman merupakan keuntungan yang akan didapatkan oleh lembaga pembiayaan saat meminjamkan dana. Setiap lembaga dan produk menawarkan suku bunga yang berbeda-beda. Selain suku bunga, Anda juga harus mencari tahu denda jika telat melakukan pembayaran selama 1 hari atau lebih. Pasalnya ada lembaga yang memberikan denda per hari, namun ada juga yang per bulan.

Cara Pengajuan dan Pembayaran Cicilan

Cara pengajuan yang mudah membuat Anda cepat mendapatkan dana darurat. Misalnya pengajuan online tidak mengharuskan Anda datang ke bank. Selain itu, pembayaran cicilan juga penting karena channel yang beragam memudahkan Anda membayar cicilan.

Lakukan Simulasi Cicilan

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah simulasi cicilan untuk mengetahui perkiraan bunga dan besar cicilan bulanan. Setiap lembaga pembiayaan biasanya sudah menawarkan simulasi cicilan yang bisa diakses secara online. Pastikan cicilan bulanan tidak lebih dari 30% total pendapatan bulanan Anda.

Itulah 5 hal yang wajib diperhatikan saat Anda ingin mengajukan pinjaman tunai. Masih mencari lembaga pembiayaan yang tepat? PT KB Finansia Multi Finance (Kredit Plus) melalui aplikasi berbasis mobile yaitu Kreditplus Mobile menawarkan kemudahan dan kepraktisan untuk Anda. Hanya melalui smartphone, Anda bisa mengajukan pinjaman dan mendapatkan dana yang dibutuhkan. Kreditplus Mobile sudah mendapatkan izin OJK sehingga aman meskipun diajukan secara online. Lebih jelasnya mengenai produk yang ditawarkan bisa dilihat di www.app.kreditplus.com

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments