Perhiasan emas masih menjadi salah satu jenis perhiasan mahal dan bernilai tinggi. Banyak wanita berburu perhiasan emas untuk dijadikan koleksinya. Menggunakan perhiasan seperti gelang emas memang bisa meningkatkan kepercayaan diri. Tidak heran jika banyak wanita menyukai gelang tersebut. Apalagi saat ini semakin banyak ragam warna emas yang bisa Anda temukan mulai dari gold, white gold, rose gold, black gold, dan lain sebagainya.

Namun karena peminatnya yang tinggi, gelang dari emas sering dipalsukan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Anda harus berhati-hati jangan sampai membeli gelang yang palsu. Salah satu cara mengetahui keaslian gelang dari emas adalah menggunakan karatimeter. Apa sebenarnya karatimeter? Berikut pembahasannya:


Mengenal Karatimeter

Keaslian emas bisa diketahui melalui kadar emas yang ada di dalamnya. Emas palsu pada umumnya terbuat dari logam timah atau kuningan yang memiliki warna mirip. Meskipun menghasilkan warna yang mirip, namun tidak ada kandungan emas di dalamnya jadi karatimeter bisa mendeteksinya.

Karatimeter sendiri sebenarnya adalah alat pemindai kadar emas yang bisa membantu menunjukkan kadar emas dalam perhiasan. Jika menggunakan alat ini, Anda bisa mengecek keaslian dan kadar emas gelang tanpa perlu merusak perhiasan. Hanya dalam waktu beberapa menit saja hasilnya bisa langsung dilihat.

Tingkat akurasi karatimeter sampai dengan 99,8%. Jadi lebih banyak benarnya dibandingkan salahnya. Selain bisa mengetahui keaslian gelang emas, karatimeter hadir untuk menghindari kesalahan memilih kadar emas. Pasalnya terkadang ada penjual yang mengatakan emas memiliki kadar 75%, padahal sebenarnya hanya 68% atau di bawahnya. Adanya alat ini meminimalisir kerugian akibat kadar emas yang salah.

Sayangnya belum semua toko perhiasan menawarkan alat satu ini. Hanya toko-toko yang kredibel dan berkelas saja yang memilikinya. Salah satu toko perhiasan yang memiliki karatimeter di setiap gerainya adalah The Palace. Anda bisa langsung datang ke gerai untuk memilih gelang lalu mengecek menggunakan karatimeter.

Cara Lain Mengecek Keaslian Emas

Sebelum adanya karatimeter, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian emas yaitu:

  • Melihat kondisi fisik

Cara pertama mengecek keaslian gelang emas yaitu dengan melihat kondisi fisiknya. Namun cara ini memiliki kelemahan karena tidak semua orang paham mengenai emas. Pada umumnya, gelang asli memiliki cap yang menunjukkan kadar emas. Contohnya yaitu cap 750 menandakan kadar emas 75% atau 18K. Sedangkan cap 375 menandakan kadar 37,5% atau 9K. 

  • Menggosok gelang

Cara selanjutnya lebih mudah dibandingkan dengan cara yang pertama. Anda tinggal menggosok gelang menggunakan ibu jari. Tidak perlu keras-keras, Anda hanya perlu menggosok biasa saja. Gelang yang asli akan tetap halus meskipun sudah digosok. Sedangkan gelang palsu akan pudar atau berubah warna. 

  • Menggunakan magnet

Jika Anda memiliki magnet di rumah, cara ini bisa dicoba. Perlu Anda ketahui bahwa emas merupakan logam non-magnetis sehingga tidak bisa menempel dengan magnet. Apabila gelang Anda menempel pada magnet, maka bisa saja gelang tersebut palsu.

  • Melihat sertifikat

Cara mengecek keaslian gelang dari emas yang paling mudah adalah melihat sertifikatnya. Sertifikat menjadi bukti dan jaminan bahwa gelang yang Anda beli asli. Namun pastikan sertifikat tersebut asli. Caranya dengan memasukkan kode di website resmi laboratorium yang mengeluarkannya. 

Itulah informasi mengenai karatimeter untuk mengecek keaslian gelang emas. Memilih toko perhiasan terpercaya seperti The Palace memang menjadi solusi terbaik untuk menjamin keaslian gelang. Sekarang sudah banyak gelang-gelang menarik mulai dari desain simple sampai mewah. Lihat semua koleksi langsung di gerainya sambil mengecek menggunakan karatimeter.

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments