Cincin untuk pengantin wanita memiliki model dan ragam varian yang sangat banyak. Meskipun begitu, wanita umumnya lebih mudah memilih cincin kawin atau wedding ring dibandingkan pria. Salah satu alasannya karena wanita lebih sering membeli perhiasan. Jadi mudah sekali memilih cincin berdasarkan selera ataupun budget. Karena Anda sudah tidak bingung lagi memilih cincin untuk wanita, berikut ini panduan memilih cincin untuk pria:

Memilih Ukuran Cincin

Hal pertama yang perlu dilakukan saat mencari model cincin kawin yang tepat adalah memilih ukuran. Berbeda dengan wanita yang sangat teliti, kebanyakan pria tidak mengetahui ukuran cincin yang tepat. Anda bisa mengukur cincin dengan cara mengukur jari manis. Pastikan memilih cincin yang bisa resize, jadi jika kekecilan atau kebesaran bisa diubah. 

Lebar Cincin

Lebar cincin cukup penting untuk pria. Pasalnya cincin yang terlalu tipis terlihat lebih feminin. Sebaliknya, cincin yang terlalu lebar tidak bagus saat dilihat. Umumnya cincin memiliki lebar mulai dari 2 mm sampai dengan 12 mm. Ukuran yang paling populer untuk pria adalah 4 mm sampai dengan 7 mm. Jadi usahakan lebar rangka logamnya tidak kurang dari 4 mm atau lebih dari 7 mm. Sesuaikan saja dengan preferensi dan model cincin kawin yang Anda inginkan.

Ketebalan Cincin

Perlu Anda ketahui bahwa lebar cincin berbeda dengan ketebalan cincin. Ketebalan terlihat saat Anda melihat cincin dari samping. Cincin yang tebal cocok untuk pria karena memberikan efek berani dan lebih maskulin. Bukan hanya itu saja, cincin yang tebal juga lebih kuat karena mengandung lebih banyak logam.

Memilih Warna Emas

Tips memilih cincin kawin selanjutnya yaitu memilih warna emas yang diinginkan. Tidak harus sama dengan warna emas milik pengantin wanita. Berikut ini emas paling populer untuk cincin:

  • Emas putih

Salah satu warna emas yang paling sering dipilih pria adalah putih. Ada kesan modern dan stylish yang ditampilkan dari emas putih ini. Warna putih tersebut didapatkan dari campuran logam putih seperti perak, palladium, ataupun platinum.

  • Emas kuning

Emas kuning memberikan kesan klasik sehingga cocok dijadikan pilihan. Warna original dari logam emas ini juga terlihat mewah saat dikenakan. Campuran logam tembaga dan seng membuat emas lebih tahan lama.

  • Emas hitam

Cincin kawin dari emas hitam layak untuk Anda pertimbangkan karena warnanya yang unik. Namun biasanya Anda harus melakukan pemesanan terlebih dahulu jika menginginkannya. 

  • Rose gold

Meskipun memiliki warna kemerahan, namun rose gold tetap cocok dipakai oleh pria. Warna kemerahan pada emas ini didapatkan dari campuran logam tembaga.

  • Mixed colors

Mixed colors merupakan perpaduan dua warna berbeda yang membuat cincin semakin unik. Misalnya perpaduan emas putih dengan rose gold, emas kuning, ataupun emas hitam.

Detail Akhir

Detail akhir merupakan preferensi masing-masing pasangan, jadi bisa disesuaikan dengan selera Anda dan pasangan. Contohnya menambahkan grafir tertentu seperti tanggal pernikahan, inisial nama, kata romantis, dan lain sebagainya. Bicarakan detail akhir ini dengan pasangan Anda.  

Semoga panduan memilih cincin untuk pria di atas bisa membantu Anda. Rekomendasi brand perhiasan premium yang menawarkan model cincin kawin berkualitas adalah Mondial Jeweler. Salah satu koleksi terbaru yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Forget Me Not Collection. Koleksi tersebut bisa membantu Anda berhemat karena berupa bundling yang terdiri dari cincin wanita, cincin pria, dan cincin tunangan wanita. Ada beberapa pilihan model cincin Forget Me Not yang bisa Anda pilih di website resmi Mondial Jeweler. 

Tagged as

About the Author

Anna Granger
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Facebook dolor quam, pretium eu placerat eu, semper et nunc. Nullam ut turpis dictum, luctus mi quis, luctus lorem. Nullam porttitor consectetur nunc in tempor!

Related Posts

0 comments